Selasa, 27 Maret 2012

Nur Awaliah(1111040175)_Tugas Presentasi


A.    Membaca Kritis Tulisan / Artikel Ilmiah
1.      Menggali tesis / pernyataan masalah
Tulisan / artikel ilmiah biasanya memunyai tesis atau pernyataan umum tentang masalah yang dibahas. Dengan mengenali tesis sebuah tulisan kita akan mudah memahami isi tulisan dan menilai apakah penulisannya berhasil atau tidak dalam membahas atau memecahkan masalah yang diajukan.
2.      Meringkas butir-butir penting setiap artikel
Meringkas butir-butir penting setiap artikel yang kita baca perlu dilakukan karena ringkasan itu bisa dikembangkan untuk mendukung pernyataan yang kita buat. Dengan adanya ringkasan, kita tidak perlu lagi membaca artikel secara keseluruhan kalau kita memerlukan informasi tertentu dari artikel yang bersangkutan.
3.      Menyetir konsep-konsep penting (pandangan ahli, hasil penelitian, dan teori)
Menyetir konsep-konsep penting dari tulisan ilmiah perlu dilakukan untuk mendukung butir-butir penting pada tesis tulisan kita. Dengan memahami konsep-konsep penting dari sebuah tulisan ilmiah, kita juga dapat lebih memahami konsep-konsep yang akan kita kembangkan dalam tulisan kita.
4.      Menentukan bagian yang akan dikutip
Mengutip pendapat orang lain merupakan kegiatan yang sering kita lakukan dalam menulis. Dalam mengutip bagian dari sebuah tulisan ilmiah, kita juga perlu memerhatikan relevansi bagian tersebut dengan tulisan kita. Butir-butir yang dianggap tidak relevan tidak perlu dikutip.
5.      Menentukan implikasi dari bagian/ sumber yang dikutip
Dalam mengutip bagian dari sebuah artikel, kita perlu menyadari implikasinya. Apakah kutipan itu mendukung gagasan yang akan kita kembangkan dalam tulisan kita atau sebaliknya?

6.      Menentukan posisi penulis sebagai pengutip
Dalam mengutip pernyataan yang ada dalam sebuah artikel, kita perlu secara jelas meletakkan posisi kita. Apakah kita bersikap netral, menyetujui, atau tidak menyetujui pernyataan yang kita kutip?

B.     Membaca Kritis Tulisan / Artikel Populer
1.      Mengenali persoalan utama atau isu yang dibahas
Biasanya isu yang dibahas dalam tulisan populer berkaitan dengan masalah sosial yang sedang diminati masyarakat.
2.      Menentukan signifikansi/relevansi isu dengan tulisan yang akan dihasilkan
Isu yang dibicarakan dalam sebuah tulisan mungkin tidak memunyai relevansi untuk tulisan yang akan dibuat. Kita harus menghubungkan relevansi isu tulisan yang dibaca dengan isu tulisan yang akan kita hasilkan.
3.      Memanfaatkan isu artikel populer untuk bahan/inspirasi dalam menulis
Isu artikel populer dapat menjadi bahan atau inspirasi dalam menulis. Isu artikel populer biasanya membahas tentang masalah sosial sehingga lebih menarik dibanding isu artikel ilmiah.
4.      Membedakan isi artikel populer dengan isi artikel ilmiah dan buku ilmiah
Isi artikel populer umumnya berbeda dengan isi artikel ilmiah. Artikel populer biasanya berisi pembahasan tentang sebuah isu yang sedang diminati masyarakat. Artikel populer biasanya tidak mementingkan teori dan data. Artikel ilmiah biasanya berisi pembahasan tentang isu yang mungkin tidak diminati masyarakat. Peranan teori dan data sangat penting dalam artikel atau buku ilmiah.

C.    Perbedaan Membaca Tulisan / Artikel Ilmiah dan Populer
Kegiatan membaca kritis tulisan/artikel ilmiah sedikit berbeda dengan membaca kritis tulisan / artikel populer. Adapun perbedaannya antara lain :

1.      Dalam membaca artikel ilmiah kita harus mengenali tesis/pernyataan masalah, sedangkan dalam artikel populer kita harus mengenali persoalan utama atau isu yang dibahas.
2.      Artikel ilmiah biasanya berisi tentang teori dan data yang sesuai dengan fakta yang ada, sedangkan artikel populer biasanya hanya berisi tentang isu yang sedang diminati masyarakat
3.      Ketika membaca artikel ilmiah kita perlu mengutip pendapat tokoh / ahli yang sesuai dengan tulisan yang akan kita buat, sedangkan dalam artikel populer sangat jarang bahkan tidak ada pendapat ahli yang ditemukan, sehingga kita tidak perlu mengutip.




Nama : Nur Awaliah
NIM  : 1111040175

Tidak ada komentar:

Posting Komentar