Selasa, 06 Maret 2012

Nur Awaliah(1111040175)_Tugas I




Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk bersosialisasi dengan satu sama lain, baik secara lisan maupun tulisan. Bahasa merupakan hal yang paling utama dalam melakukan kegiatan sosial kita sehari-hari, baik itu dalam urusan bisnis, pelajaran, maupun dalam hal berbelanja. Selain itu bahasa juga merupakan alat dalam beradaptasi sosial. Yang dimaksud adaptasi sosial disini yaitu bagaimana kita menggunakan bahasa sesuai pada kondisi dan situasi. Contohnya saja, jika kita berbicara dengan teman-teman, pasti bahasa yang digunakan berbeda pada saat berbicara dengan orang tua. Tentulah bahasa yang digunakan lebih sopan ketika berbicara dengan orang tua.
Sebagai Negara yang terdiri dari ribuan pulau, pastilah banyak macam suku, ras, dan bahasa yang digunakan di Negara tercinta kita ini. Tentulah kita bingung menggunakan bahasa apa ketika berbicara dengan suku yang berbeda dari kita. Tidak mungkin juga kita menghafal berbagai macam bahasa yang terdapat di tanah air ini. Oleh karena itu terciptalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang digunakan sebagai “mother language” atau dengan kata lain bahasa nasional Negara kita yang digunakan untuk menyatukan semua bahasa yang ada di Negara kita ini. Bahasa Indonesia sendiri awalnya berasal dari Bahasa Melayu, kemudian mengalami perubahan dari tahun ke tahun.
Sebagai seorang anak negeri yang lahir di tanah pertiwi, kita harusnya bangga menggunakan bahasa kita sendiri. Lagipula Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang cukup mudah. Jika kita membuat kalimat, tidak ada bedanya apabila kejadian itu terjadi kemarin maupun sekarang. Tidak seperti dalam Bahasa Inggris, menggunakan kata kerja yang berbeda untuk bentuk lampau dan sekarang. Selain itu kita juga harus bangga karena beberapa negara sudah mulai mempelajari Bahasa Indonesia. Australia sudah mnggunakan Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib. Pembelajaran Bahasa Indonesia pun tidak tanggung-tanggung di mulai dari sejak SD. Bahkan, beberapa universitas di Australia membuka jurusan Bahasa Indonesia.
Perlu diketahui apabila kita berkunjung ke Eropa, masyarakat negara-negara di sana akan beruhasa mengenalkan bahasa mereka kepada turis yang dating. Berbeda dengan kita yang malah tidak berminat sama sekali untuk memperkenalkan bahasa Indonesia. Ini membuktikan bahwa kita belum bangga dengan bahasa sendiri. Jika orang-orang Eropa saja bisa bangga dengan bahasa mereka, mengapa kita tidak?. Sekarang tugas kita adalah mempertahankan, merawat, serta melestarikan bahasa kita agar tidak hilang ditelan zaman. Oleh karena itu, kita harusnya bangga dengan bahasa kita sendiri

Source :

Name   : Nur Awaliah
ID        : 1111040175

Tidak ada komentar:

Posting Komentar