Selasa, 06 Maret 2012

Erika Imaniar Amri - Tugas 1

Bangga Berbahasa Indonesia

     Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi dan bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Oleh karena itu kita sebagai bangsa Indonesia haruslah menjaga dan melestarikan bahasa Indonesia serta menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah tata bahasa Indonesia. Namun dewasa ini banyak masyarakat terutama para pemuda lebih menggunakan bahasa mereka sendiri atau biasa disebut dengan bahasa ‘gaul’. Dan juga banyak diantara mereka yang lebih bangga menggunakan bahasa asing sebagai bahasa keseharian mereka. Padahal, bahasa Idonesia merupakan bahasa dari negeri sendiri yang seharusnya paling dibanggakan dibanding bahasa yang lain. Sebagian pemuda berpendapat bahwa bahasa Indonesia kurang  menarik dan monoton. Sungguh miris melihat para pemuda kini tidak lagi bersemangat untuk mempelajari dan menggunakan bahasa nasional kita seperti halnya semangat pemuda sebelum kemerdekaan. Dahulu para pemuda Indonesia berjuang begitu keras mempersatukan Indonesia hingga pada akhirnya melahirkan sumpah setia para pemuda yakni sumpah pemuda. Salah satu isi butir sumpah tersebut adalah seluruh pemuda Indonesia bersumpah untuk menjunjung tinggi bahasa Indonesia yang akan menjadi bahasa seluruh warga Negara Indonesia dan yang akan mempersatukan bangsa Indonesia.

    Salah satu fungsi bahasa Indonesia adalah sebagai lambang kebanggaan dan lambang harga diri bangsa Indonesia. Dengan fungsi ini bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai sosial budaya, nilai-nilai harga diri dan martabat bangsa, dan falsafah hidup yang menempatkan bangsa Indonesia dalam kedudukan yang sama dan sederajat dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

    Dalam dunia kependidikan juga, bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar kependidikan pada semua jenis dan jenjang kependidikan dapat dibanggakan. Bahasa Indonesia telah membuktikan kemampuannya bukan sekadar sebagai bahasa pengantar kependidikan di tingkat lembaga kependidikan dasar dan menengah, tetapi juga sebagai sarana penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi serta sarana alih pengetahuan dan alih teknologi di tingkat lembaga kependidikan tinggi. Fungsi bahasa Indonesia sebagai sarana pengembangan dan pemasyarakatan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut perhatian khusus karena kepesatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut kedinamisan bahasa Indonesia terutama dalam kaitan dengan pengembangan tata istilah keilmuan.

    Bahasa Indonesia juga mulai di pelajari oleh bangsa lain. Menurut Andri Hadi Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri ada 45 negara yg mempelajari bahasa Indonesia yakni Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan sebagainya. Ia juga menjelaskan jika bahasa Indonesia menjadi bahasa popular keempat di Australia. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia di sana. Bahkan anak-anak murid kelas 6 sekolah dasar di sana sudah mahir berbahasa Indonesia. Alasan warga Negara Australia mempelajari bahasa Indonesia adalah karena mereka tertarik dengan budaya bangsa Indonesia dan ingin memperdalam pengetahuan akan Indoensia dengan mempelajari bahasa Indonesia. Sungguh membanggakan, bahasa kita ternyata dikagumi bangsa selain bangsa Indonesia. Dengan begini bukan mustahil jika bahasa Indonesia kelak mampu menjadi bahasa Internasional menggantikan bahasa Inggris. Bahasa Indonesia sebagai lambang jati diri bangsa yang akan menampakkan ciri khas sekaligus membedakan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain di dunia. Berbahasa Indonesia yang benar termasuk modal pembangun bangsa dimata dunia.

    Kesiapan dan peran nyata bahasa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara memerlukan pemantapan rasa kecintaan dan rasa kebanggaan memiliki bahasa Indonesia. Rasa kebanggaan memiliki bahasa Indonesia terikat erat dengan pencerminan dan perwujudan cinta tanah air, cinta budaya Indonesia, serta cinta terhadap keseluruhan nilai dan norma kehidupan bermasyarakat dan berbangsa Indonesia. Maka dari itu kita sebagai bangsa Indonesia sudah seharusnya cinta dan bangga berbahasa Indonesia.

    Bangsa yang besar adalah bangsa dan rakyatnya dapat menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsanya,serta keanekaragaman budaya berbagai suku dan yang penting adalah menjunjung tinggi bahasa persatuan “bahasa Indonesia”.

Referensi:
http://forum.tempo.co/showthread.php?1203-Keunikan-Bahasa-Indonesia
http://unnes.ac.id/gagasan/mengukuhkan-bahasa-indonesia/
http://fajrul-mutaqin.blogspot.com/2011/09/aku-bangga-dengan-bahasa-indonesia.html




Erika Imaniar Amri (1111040196)
Matematika ICP 2011 (B)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar