Senin, 19 Maret 2012

NADZRA_1111040190_TUGAS III


Upaya Mengatasi Kemacetan

Kemacetan lalu lintas di Indonesia tidak bisa dipungkiri sudah menjadi tontonan yang sering kita jumpai dan rasakan dalam kehidupan saat ini yang mana membuat para pengguna jalan risih dalam berlalu lintas. Di Indonesia sendiri sudah banyak kita temui kemacetan terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Makassar. Jalur lalu lintas idealnya teratur, berjalan dengan lancar, dan tidak terjadi kemacetan. Namun, realita yang kita lihat sekarang banyak terjadi kemacetan diberbagai titik di Indonesia termasuk halnya yang terjadi di Makassar (Nanang Kuswara, 2012). Jalur lalu lintas secara umum sekarang sudah tidak memadai mengingat jumlah kendaraan dengan kondisi jalan yang ada sudah tidak memenuhi kapasitas, sehingga hal ini merupakan salah satu faktor penyebab kemacetan di Indonesia.
Makassar merupakan salah satu kota besar dan metropolitan di Indonesia Timur yang memiliki jumlah kendaraan yang cukup padat dan besar. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kemacetan juga merajalela di kota Makassar saat ini. Beberapa upaya pernah ditempuh oleh pemerintah dalam mengatasi masalah kemacetan di kota Makassar di antaranya yaitu pembangunan fly over, pembangunan jalur satu arah, dan penutupan sebagian ruas-ruas jalan untuk pengalihan jalur kendaraan demi menghindari dan mengatasi terjadinya kemacetan. Namun upaya tersebut belum maksimal diterapkan dalam mengatasi kemacetan yang terjadi. Oleh karena itu, pemerintah kembali menempuh upaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan melakukan pemibangunan jalur cepat dan jalur lambat sebagai alternatif mengurangi kemacetan di kota Makassar.
Jalur cepat dan jalur lambat yang ditempuh dapat mengurangi kemacetan yang sangat berpengaruh terhadap kelancaran berlalu lintas di Makassar.  Sosialisasi terhadap penguna jalan sudah di lakukan sejak bulan oktober  2011 dan akan digunakan pada tahun 2012 saat semua komponen jalur cepat dan jalur lambat sudah dirampungkan. Pemerintah kota Makassar sangat optimis dengan keberadaan jalur cepat dan jalur lambat sebagai solusi mengurangi kemacetan di kota Makassar.

NADZRA_1111040190

Tidak ada komentar:

Posting Komentar