Sabtu, 17 Maret 2012

Sri Yunita (1111040173) - Tugas 3

Stres


Kesibukan dan aktivitas biasanya membuat orang menjadi lebih sering untuk berfikir, menggunakan segala macam kemampuan dan lupa untuk beristirahat serta menenangkan pikiran. Hal tersebut menyebabkan beban pikiran seseorang bertambah dan justru menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan pada tubuh, salah satunya stres. Stres adalah kondisi dimanaseseorang memiliki masalah yang tidak mampu di selesaikan (sulit untuk diselesaikan) sampai akhirnya justru membuat dirinya sendiri menjadi tertekan.

Akmal (2010) mengemukakan empat faktor pemicu stres yang umum yaitu:
a. Stres kepribadian (Personality Stress)
Stres kepribadian adalah stres yang dipicu oleh masalah dari dalam diri seseorang, terkait cara pandang pada masalah dan kepercayaan atas dirinya.
b.Stres psikososial (Psychosocial Stress)
Stress psikososial adalah stres yang dipicu oleh hubungan relasi dengan orang lain di sekitarnya atau akibat situasi sosial lainnya.
c. Stres bioekologi (Bio-Ecological Stress)
Stres bioekologi adalah stres yang dipicu oleh dua hal. Pertama, yaitu ekologi atau lingkungan daan yang kedua adalah akibat dari kondisi biologis.
d. Stres pekerjaan (Job Stress)
Stres pekerjaan adalah stres yang dipicu oleh pekerjaan seseorang.

Stres terjadi jika seseorang mengalami tekanan yang berlebih pada otaknya. Stres adalah respon alami yang timbul sebagai akibat perubahan ekstrim yang terjadi pada lingkungan. faktor penyebab stres disebut stresor. Faktor tersebut dapat berasal dari diri seseorang maupun lingkungan sekitarnya. Salah satu faktor penyebab stres adalah terkait cara pandang seseorang terhadap  masalah dan kepercayaan atasdirinya.orang yang sering berpikiran positif memiliki kemungkinan kecil untuk terkena stres ini.

Faktor lain yang menjadi pemicu stres adalah faktor psikologis yang berhubungan dengan psikologi seseorang. Hal ini berhubugan dengan relasi seseorang dengan sekitarnya. Perasaan dan emosi tertentu seperti marah, jengkel cemburu atau iri hati mampu membuat seseorang stres.

Stres bioekologi  disebabkan oleh dua faktor yaitu ekologi atau lingkungan dan sebagai akibat dari kondisi biologis seseorang. Faktor ekologi seperti kondisi cuaca dan keadaan lingkungan mampu membuat seseorang terkena stres. Selain itu faktor biologis yang berpengaruh seperti akibat datang bulan, bertambah tua, atau kondisi tubuh lainnya juga dapat menjadi penyebab terjadinya stres.

Stres yang sering dialami seseorang adalah stres sebagai akibat dari pekerjaan. Stres ini dapat muncul sebagai akibat dari kondisi dari lingkungan kerja seseorang. Hal-hal seperti tingginya persaingan, target tinggi, ancaman PHK, serta usaha gaagal merupakan faktor umum pemicu stres pekerjaan.


Sumber:

Akmal, Mutaroh dkk. 2010. Ensiklopedi Kesehatan. Jogjakarta: Ar-ruz Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar