Senin, 19 Maret 2012

Erika Imaniar Amri - Tugas 3


Aktif di Usia Tua, Memperpanjang Usia

     Para manusia lanjut usia (Manula) yang rajin bergerak atau hanya sekadar naik-turun tangga memiliki angka harapan hidup lebih tinggi dibandingkan dengan Manula yang hanya bermalas-malasan. Demikian hasil penelitian yang dilakukan terhadap 302 orang berusia 70 sampai 80 tahun. Meski tak melakukan olahraga secara rutin, namun mereka kerap melakukan aktivitas ringan. Diketahui, ternyata mereka memiliki usia lebih panjang dibandingkan mereka yang tak pernah melakukan aktivitas sama sekali.

     "Pesan yang hendak kami sampaikan adalah bahwa bagi para Manula hendaknya jangan hanya bermalas-malasan menikmati hari tua. Sebaliknya, Anda justru harus rajin melakukan aktivitas. Aktivitas yang dilakukan tak selalu berasal dari olahraga, melainkan cukup dari kegiatan sehari-hari seperti menyapu atau naik-turun tangga," pesan Ketua Tim Peneliti dari National Institute on Aging di Bethesda, Todd Manini.

     Diantara 30 partisipan yang menghabiskan energi, risiko meninggal dunia akibat sakit selama enam tahun penelitian hanya 12%. Sementara mereka yang sama sekali tak pernah beraktivitas, risiko kematian meningkat menjadi 25%.

     Meskipun penelitian tidak menunjukkan secara spesifik mengapa aktivitas harian bisa mengurangi risiko kematian, namun Manini menduga bahwa aktivitas apapun dapat mencegah berbagai macam penyakit, mulai dari jantung sampai ke kanker.

     Selain itu, para peneliti juga meminta para partisipan untuk meminum air yang memungkinkan tim peneliti untuk mengukur kadar karbondioksida dalam urin mereka. Karbondioksida ini dilepaskan oleh tubuh pada saat melakukan aktivitas fisik. Aktivitas yang dilakukan para partisipan sangat beragam. Ada yang bekerja untuk memperoleh uang, menjadi sukarelawan atau hanya sekadar naik-turun tangga.

     Penelitian ini membuktikan bahwa aktivitas fisik yang kadang terasa melelahkan, ternyata justru bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Daripada Anda menghabiskan masa tua dengan bermalas-malasan atau berkeluh-kesah saja, tak ada salahnya bila melakukan aktivitas yang bisa membuat tubuh Anda tetap bugar.

Erika Imaniar Amri
1111040196

Tidak ada komentar:

Posting Komentar