Selasa, 20 Maret 2012

DWI MELDYA L_1111040184_TUGAS 3

Nama       : Dwi Meldya Lestari
NIM         : 1111040184
ICP OF MATH
PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Perpustakaan sekolah merupakan unit tertentu yang ada di sekolah yang bertujuan untuk menunjang proses pendidikan. Dalam Perpustakaan Sekolah harus bisa memainkan peran dalam membantu siswa dalam merealisasikan misi demi kemajuan masyarakat sekolah yang efektif dan efisien. Dengan adanya perpustakaan sekolah diharapkan bisa mencetak siswa untuk terbiasa dengan aktivitas membaca, memahami dan mengerti maksud dari sebuah informasi dan ilmu pengetahuan.
Pustakawan Sekolah merupakan jaminan tercapainya tujuan pendidikan. Pustakawan merupakan sebuah konsekuensi yang harus dipenuhi, karena perpustakaan memang dibangun utnuk mencerdaskan masyarakat. Oleh karena itu, seorang pengelola perpustakaan menjadi ujung tombak dan haruslah orang-orang yang benar-benar terlatih dan memiliki keterampilan khusus demi ketertiban dan kenyamanan belajar. Pustakawan harus mampu mengelolah dan menata koleksi perpustakaan yang dibutuhkan oleh pengguna dengan menyediakan rak buku sesuai dengan kode buku agar terlihat rapi.
Oleh karena itu, bahan-bahan pustaka disesuaikan dengan tujuan itu. Hal ini tidak berarti semata-mata berisi buku-buku pelajaran yang dipakai dalam proses belajar mengajar, tetapi juga bahan untuk maksud rekreasi ilmu pengetahuan popular, dll. Sebab proses pendidikan yang sesungguhnya bukanlah sekedar memberikan ilmu-ilmu yang ada pada guru kepada siswa melainkan juga merangsang murid-murid untuk selalu mengembangkan diri, mengembangkan bakat dan kemampuannya. Untuk itu siswa sendiri perlu aktif dan diharapkan tidak puas dengan apa yang diberikan oleh guru di ruang kelas. Dalam hal ini, perpustakaan dapat menyumbangkan yang besar dan berguna. Itu berarti pula para pengelola perpustakan ikut ambil peranan dalam proses pendidikan, sedanngkan peran guru tidak lepas dari tugas dan pembinaan siswa agar mencintai dan menggunakan perpustakaan semaksimal mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar