Senin, 26 Maret 2012

Risnawati.Yunus-1111040174(TUGAS PRESENTASI)


Nama      : Risnawati. Yunus
Nim         : 1111040174

Membaca Kritis untuk Menulis
            Membaca adalah kegiatan yang sangat menunjang kegiatan menulis dan Membaca kritis adalah kemampuan memahami makna tersirat sebuah bacaan.(cf. Harris et. Al. 1983; smith, 1986; Albert dalam taringan, 1988:89)
1.   Pengertian Membaca Kritis untuk Menulis
Kegiatan membaca kritis untuk menulis merupakan kegiatan membaca untuk mendapatkan informasi yang relevan dan diperlukan untuk tulisan yang akan dikembangakan. Dengan demikian, kegiatan membaca kritis untuk menulis harus dikaitkan dengan informasi seperti apa yang kita masukkan dalam tulisan kita, apakah informasi umum, khusus, atau informasi yang terperinci.
Dalam membaca kritis menghendaki kita untuk tidak menerima begitu saja kebenaran informasi yang didapatkan. Selalu mencari bersikap skeptis, bertanya terus menerus, dan berusaha mencari bukti untuk menguji kebenaran informasi yang didapatkan. Pengujian itu bisa dilakukan dengan mencari informasi pada sumber-sumber yang lain. Oleh karena itu, membaca kritis memerlukan ketekunan dan kesabaran.



2.       Ragam Membaca Kritis
Ada berbagai ragam membaca kritis tergantung pada jenis informasi seperti apa yang kita inginkan.
a.       Membaca cepat/sekilas untuk mencari topik
Dalam hal ini kita hanya menfokuskan perhatian pada bagian-bagian tertentu. Kita bisa membaca tulisan dengan cepat/secara sekilas dari awal sampai akhir. Dari kegiatan membaca cepat ini bisa mendapatkan ide tentang topik tulisan yang kita baca.
b.      Membaca cepat untuk informasi khusus
Dalam hal ini perhatian kita hanya tertuju pada bagian-bagian yang kita inginkan. Bagian-bagian yang mengandung informasi yang tidak kita inginkan tidak mendapat perhatian kita.
c.       Membaca teliti untuk informasi rinci
Dalam hal ini, kegiatan membaca difokuskan pada bagian yang mengandung informasi yang ingin kita ketahui secara rinci. Begitu kita sampai pada bagian tersebut, kita membacanya dengan teliti sampai kita benar-benar memahami informasi yang ingin kita dapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar