Selasa, 13 Maret 2012

EVALUASI BAB III BAHASA INDONESIA RAGAM ILMIAH


  1.       .     Apa yang dimaksud dengan bahasa Indonesia ragam ilmiah?
    ·      Maksud dari bahasa Indonesia ragam ilmiah ialah bahasa Indonesia merupakan  bahasa yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah, digunakan untuk memaparkan fakta, konsep, prinsip, teori atau gabungan dari keempatnya yang diharapkan dapat menjadi media yang efektif untuk komunikasi ilmiah baik secara tertulis maupun lisan.

    2.      Jelaskan kriteria bahasa Indonesia ragam ilmiah berikut ini beserta cotohnya!
    a.       cendekia
    b.      lugas dan jelas
    c.       menghindari kalimat fragmentaris
    d.      bertolak dari gagasan
    e.       formal dan objektif
    f.       rigkas dan padat
    g.      konsisten
    ·      a. Bahasa Indonesia bersifat cendekia artinya bahasa Indonesia mampu digunakan secara tepat untuk mengungkapkan hasil berpikir logis, yakni mampu membentuk pernyataan yang tepat dan seksama sehingga gagasan yang disampaikan dapat diterima secara cepat oleh pembaca.
    Contoh:
    Terdapat perbedaan yang signifikan antara masyarakat kalangan atas, menengah, dan bawah.

    b. Bahasa Indonesia bersifat lugas dan jelas.
    Bahasa Indonesia bersifat lugas artinya bahasa Indonesia digunakan dalam memaparkan sebuah gagasan secara langsung dan tepat sehingga makna yang ditimbulkan oleh pengungkapan itu tidak menimbulkan kesalahpahaman dan kesalahan dalam menafsirkan isi gagasan tersebut.
    Contoh:
    Abjad di Indonesia berjumlah 26 huruf yang melambangkan bunyi-bunyi bahasa (fonem), terdiri dari 5 huruf vokal dan 21 huruf konsonan.

    Bahasa Indonesia bersifat jelas artinya dalam mengungkapkan sebuah gagasan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang jelas  maka isi gagasan tersebut mudah diterima dan dipahami oleh pembaca. Kalimat-kalimat yang jelas mampu memaparkan hubungan gagasan yang satu dengan yang lainnya secara jelas pula.
    Contoh:
    Setiap siswa harus menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

    c. Bahasa Indonesia ragam ilmiah menghindari kalimat fragmentaris artinya menghindari kalimat yang belum selesai sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman pembaca dalam menafsirkan makna dari kalimat tersebut.
    Contoh kalimat fragmentaris:
    Jika Anda pulang
    Pembenaran:
    Jika Anda pulang ke rumah, ingat untuk membeli pasta gigi.

    d. Bahasa Indonesia ragam ilmiah bertolak dari gagasan artinya bahasa Indonesia yang digunakan berorientasi gagasan yaitu penonjolan dari isinya diarahkan pada gagasan atau hal-hal yang diungkapkan bukan kepada penulis
    Contoh:
    Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa minat baca di kalangan remaja masih sangat rendah.

    e. Bahasa Indonesia bersifat formal dan objektif
    Bahasa Indonesia bersifat formal artinya dalam penulisan sebuah gagasan yang merupakan sarana komunikasi ilmiah, bahasa yang digunakan harus bersifat formal baik pilihan kosa kata, bentuk kata, maupun struktur kalimat.
    Contoh:
    Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam upaya pengembangan kepribadian siswa.

    Bahasa Indonesia bersifat objektif artinya  dalam pengembangan kalimat  haruslah bertumpu pada gagasan dengan menggunakan kata dan struktur kalimat yang mampu menyampaikan gagasan tersebut secara objektif (sesuai dengan kenyataan).
    Contoh:
    Bencana tanah longsor yang terjadi di kawasan kota Makassar  telah menghancurkan 13 rumah penduduk.

    f. Bahasa Indonesia bersifat ringkas dan padat
    Bahasa Indonesia bersifat ringkas dan padat artinya dalam penulisan sebuah karya ilmiah harus menggunakan bahasa yang ringkas, menggunakan kata-kata seefektif mungkin, tidak terdapat pemborosan kata, dan merujuk pada kandungan gagasan yang diungkapkan.
    Contoh:
    Nilai moral di atas menjadi pedoman bagi setiap warga masyarakat.

    h. Bahasa Indonesia bersifat konsisten artinya unsur bahasa dan ejaan harus digunakan secara konsisten baik tanda baca, pemilihan kata, dan istilah yang digunakan.
    Contoh:
    Untuk mengurangi jumlah pengangguran, pemerintah sebaiknya memperluas lapangan pekerjaan.

    3.      Jelaskan perbedaan ragam resmi dan ragam tidak resmi!
    ·     Ragam resmi adalah ragam bahasa yang digunakan dalam situasi/suasana resmi (formal) seperti di kantor, depan kelas, dalam ruangan rapat, dalam berdiskusi, berpidato, memimpin rapat, surat menyurat resmi, administrasi pemerintahan, dan dalam karya-karya ilmiah  yang dilambangkan dan diakui oleh sebagian besar  warga masyarakat pemakainya dan dijadikan kerangka/ rujukan norma kaidah bahasa dalam pemakaiannya sedangkan ragam tidak resmi adalah ragam bahasa yang digunakan dalam situasi/ suasana tidak resmi (informal) seperti dalam rumah tangga, warung-warung, pasar, dan lapangan olahraga yang selalu terdapat kecenderungan untuk menyalahi norma/ kaidah bahasa yang berlaku.



    ST. AFLAHAH
    1111040188

Tidak ada komentar:

Posting Komentar