Minggu, 18 Maret 2012

RIZKI AMALIA ( 1111040191 ) TUGAS 3


Ceiba Pentandra
            Kapuk randu atau kapuk ( ceiba pentandra ) adalah pohon tropis yang tergolong ordo malvales dan family malvaceae, berasal dari bagian utara di Amerika Selatan. Di Indonesia terutama di bagian Jawa, pohon ini dikeanl sebagai kapas Jawa, kapuk Jawa, atau kapuk-sutera.
            Ceiba Pentandra tumbuh setinggi 60-70 meter biasanya memiliki batang pohon yang cukup besar sekitar 3 meter dan berduri. Daunnya yang berwarna hijau. Bunga yang berwarna buram, berbau harum dan indah. Dimana biji buahnya mengandung minyak dan bulu biji seperti sutera yang dinamai dengan kapuk. Biji berwarna hijau ketika masih muda dan kulit berwarna coklat setelah kapuk tua.
            Tanaman Ceiba Pentandra dibagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu Ceiba Occidentalis yang banyak ditemukan di Amerika dan Afrika. Tipe Ceiba yang terdapat di Amerika maupun Afrika adalah tipe karibea. Tipe ini pohonnya  berukuran besar tinggi mencapai 50 meter dan cabang terbawah dari permukaan tanah sekitar 10 meter. Tanaman tersebut biasanya ditemukan di lapangan dengan mahkota yang sangat besar. Kecuali tipe yang bercabang rendah, ada juga tipe yang bercabang sangat tinggi tetapi mahkotanya kurang kokoh. Tipe ini tumbuh dihutan tropis, contohnya kapuk suriname dan congo. Ada juga kelompok Ceiba Orientalis yang berada di Asia. Tipe Indika pohonnya berukuran relatif kecil dibandingkan dengan tipe karibea.
            Pohon kapuk selain buahnya yang dimanfaatkan sebagai bantal atau kasur ternyata tanaman ini mempunyai beberapa khasiat diantaranya sebagai obat herbal penghilang luka, panas dalam, penyubur rambut, obat asma, dan lain-lain.
Referensi : www.wikipedia.com
                 www.herbal.com
                 www.ditjenbun.deptan.go.id

            RIZKI AMALIA
                                                         1111040191      
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar