Kamis, 29 Maret 2012

MUHIDDIN [1111040192] - TUGAS I

SEJARAH BAHASA INDONESIA
               
                 Pada mulanya bahasa Indonesia merupakan bahasa Melayu. Hal ini berdasarkan pengetahuan sejarah yang mengatakan bahwa di Indonesia bahasa melayu pertama kali digunakan di kerajaan tertua Jambi pada abad ke-7. Kerajaan ini kemudian digantikan oleh kerajaan Sriwijaya, pada saat itu mereka menggunakan bahasa Melayu Kuno sebagai bahasa kenegaraan.  Pada abad ke-14 dan ke-15 ditemukan kerajaan Malaka yang juga menggunakan bahasa Melayu. Pada saat itu Malaka merupakan daerah pusat perekonomian di khawasan Asia Tenggara. Hal inilah yang mengakibatkan bahasa Melayu mengalami perkembangan yang sangat pesat karena setiap negara yang melakukan hubungan dagang dengan Malaka harus mengetahui bahasa Melayu sebagai sarana komunikasi. Hingga saat ini dapat kita temukan bahwa di antara negara-negara Asia terdapat beberapa negara yang mengunakan bahasa yang mirip dengan bahasa Indonesia, misalnya Malaysia, Brunai dan lain-lain. Beberapa kemiripan itu terjadi karena mereka memiliki induk bahasa yang sama yakni bahasa Melayu.
                Beberapa bukti yang menunjukkan bahwa bahasa Melayu digunakan di Nusantara antara lain tertulis pada:
  1. Prasasti Kedukan Bukit di Palembang, tahun 683.
  2. Prasasti Talang Tuo di Palembang, tahun 684.
  3. Prasasti Karang Brahi di Jambi, tahun 688.
  4. Prasasti Gandasuki di Jawa Tengah, tahun 832.
  5. Dan Prasasti Bogor di Bogor, tahun 942.
Bukti-bukti di atas menunjukkan bahwa sejarah bahasa Indonesia yang bersumber dari bahasa Melayu Kuno sudah digunakan bukan saja di Sumatra tetapi juga di beberapa wilayah lain seperti pulau Jawa.
Berdasarkan petunjuk-petunjuk lainnya, para ilmuan mengemukakan bahwa pada zaman kerajaan Sriwijaya, bahasa Melayu digunakan dengan fungsi sebagai berikut:
1.       Bahasa Melayu berfungsi sebagai bahasa kebudayaan, yaitu bahasa buku-buku yang berisi aturan hidup dan sastra.
2.       Bahasa Melayu befungsi sebagai bahasa perhubungan/pergaulan antar suku di Indonesia.
3.       Bahasa Melayu berfungsi sebagai bahasa perdagangan, baik suku yang ada di Indonesia maupun pedagang-pedangang dari luar Indonesia.
4.       Bahasa Melayu dipakai sebagai bahasa resmi kerajaan Sriwijaya.
Catatan sejarah bahasa Indonesia mengatakan bahwa Indonesia mengalami pertumbuhan secara terus-menerus. Baik dari luas wilayah para penggunaannya maupun struktur bahasa itu sendiri. Sehingga semakin ke depan, bahasa Indonesia kemudian berangsur-angsur menjadi bahasa yang modern yang kaya kosakata dan mantap dalam struktur
Akhirnya, pada tanggal 28 oktober 1928, para pemuda Indonesia mengikrarkan Sumpah Pemuda, yang salah satu isinya mengakui dan meresmikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi bangsa Indonesia dan hanya sebatas bahasa persatuan. Ikrar tersebut terdapat pada bagian terkhir dari isi Sumpah Pemuda tersebut “kami putra putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Kemudian sehari setelah proklamasi kemerdekaan, bahasa Indonesia resmi menjadi bahasa kenegaraan.
Meskipun saat ini terdapat hampir 100% warga negara Indonesia mengetahui bahasa Indonesia, namun bahasa Indonesia belum dapat dikatakan sebagai bahasa ibu bagi mayoritas penduduknya. Hal ini sebabkan karena sebagian besar warga Indonesia mengunakan bahasa daerah sebagai bahasa ibu. Penutur bahasa Indonesia kerap kali menggunakan versi sehari-hari atau mencampur adukan dengan dialek Melayu. Meskipun demikian, bahasa Indonesia digunakan sangat luas di perguruan-perguruan tinggi, di surat kabar, media elektronika, surat-menyurat resmi dan berbagai forum publik lainnya.
               
MUHIDDIN (1111040192)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar