Selasa, 13 Maret 2012

Andi Tenri Angka Tugas II


 Evaluasi
1.       Apa yang dimaksud dengan bahasa Indonesia ragam ilmiah?
Jawab: Bahasa Indonesia ragam ilmiah merupakan salah satu bahasa Indonesia yang digunakan dalam menulis karya ilmiah.
2.       Jelaskan kriteria bahasa Indonesia ragam ilmiah berikut ini!
a.       Cendekia
b.      Lugas dan jelas
c.       Menghindari kalimat fragmentaris
d.      Bertolak dari gagasan
e.      Formal dan objektif
f.        Ringkas dan padat
g.       Konsisten
Jawab:
a.       Cendekia artinya mampu digunakan secara tepat untuk mengungkapkan hasil berfikir logis, yakni mampu membentuk pernyataan yang tepat dan seksama.
Contohnya: Pada era globalisasi informasi ini dikhawatirkan akan terjadi pergeseran nilai-nilai moral bangsa Indonesia terutama karena pengaruh budaya barat yang masuk ke Indonesia.
b.      Lugas dan jelas artinya mampu menyampaikan gagasan ilmiah secara  jelas dan tepat. Contohnya: Penanaman moral di sekolah sebenarnya  merupakan kelanjutan dari penanaman  moral di rumah. Penanaman  moral di Sekolah  dilaksanakan melalui mata pelajaran Pendidikan Moral Paneasila yang merupakan mata pelajaran paling strategis karena langsung menyangkut tentang moral Paneasila. Di samping itu, penanaman moral Pancasila juga diintegrasikan ke dalam mata pelajararan-mata pelajaran Agama, IPS, Sejarah, PSPB, dan Kesenian. 
c.       Menghindari kalimat fragmentaris artinya menghindari kalimat yang belum selesai karena adanya keinginan penulis menggunakan gagasan dalam beberapa kalimat tanpa menyadari kesatuan gagasan yang diungkapkan.
Contohnya:
d.      Bertolak dari gagasan artinya penonjolan diadakan pada gagasan atau hal yang diungkapkan dan tidak pada penulis.
Contohnya: Perlu  diketahui bahwa pandidikan di lingkungan keluarga sangat penting dalam pananaman moral Pancasila. 
e.      Formal dan objektif ditandai antara lain oleh pilihan kosa kata, bentuk kata, dan struktur kalimat. Kosa kata yang digunakan bernada formal dan kalimatnya-kalimatnya memiliki unsur yang lengkap.
Contohnya: Contoh-Contoh itu telah memberikan bukti besarnya peranan orang tua dalam pembentukan kepribadian anak.
f.        Ringkas dan padat artinya tidak ada penggunaan bahasa yang mubazir, menuntut adanya penggunaan bahasa yang hemat.
Contohnya: Berdasarkan hasil pemeriksaan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terungkap bahwa proyek itu telah dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.  Isu nagatif yang selama ini berkembang tidak benar.  
g.       Konsisten artinya penggunaan unsur bahasa, tanda baca, tanda-tanda lain dan istilah yang sesuai dengan kaidah dan semuanya digunakan secara konsisten.
Contohnya: Untuk mengatasi penumpang yang melimpah menjelang dan usai lebaran, pengusaha angkutan dihimbau mengoperasikan, semua kendaraan ekstra.
Perlucutan senjata di wilayah Bosnia itu tidak penting bagi muslim Bosnia. Bagi mereka yang penting adalah peneabutan embargo persenjataan.
3.       Jelaskan perbedaan ragam resmi dan ragam tidak resmi!
Jawab: Ragam resmi digunakan dalam keadaan formal seperti dalam pidato resmi, ceramah ilmiah, perkuliahan, dalam rapat resmi, dan lain-lain. Ragam resmi biasanya mengunakan kalimat-kalimat panjang, pilihan kata, dan ungkapan sesuai dengan tuntutan kaidah bahasa yang benar.
Sedangkan ragam tidak resmi digunakan dalam keadaan non formal atau suasana akrab, menggunakan kalimat-kalimat pendek, kata-kata dan ungkapan yang maknanya hanya dipahami dengan jelas oleh peserta percakapan itu.

Andi Tenri Angka (1111040195)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar