Minggu, 04 Maret 2012

Sri Yunita - 1111040173 - Tugas I

Indonesia, Negaraku, Bahasaku

Indonesia adalah salah satu negara berkembang di dunia. Sebagai negara berkembang yang berada pada garis khaatulistiwa, Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Kekayaan laut yang tidak tertandingi, serta hasil bumi yang tidak diragukan lagi. Tidak hanya itu, kebudayaan yang beraneka ragam telah menjadi ciri khas Indonesia.

Sebagai negara kesatuan, bahasa pemersatu yang digunakan adalah bahaasa Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dan bahasa kenegaraan yang merupakan ciri negara ini tidak lagi menjadi bahasayang biasa saja, yang hanya dipandang sebelah mata. Bahasa Indonesia telah bertransformasi menjadi bahasa yang cukup menarik minat dunia. Terbukti dengan adanya beberapa sekolah di luar negeri yang mempelajari bahasa Indonesia sebagai bahasa asing. Tidak hanya itu, bahkan jurusan bahasa Indonesia menjadi daya tarik sendiri bagi universitas di luar negeri.

Lalu, mengapa bahasa yang penuh karisma ini seolah menjadi bahasa yang terlupakan di negaranya sendiri?

Sebagai bahasa negara yang memiliki sejarah perjuangan tersendiri, seharusnya masyarakat Indonesia patut bangga dengan bahasa ini. Berbeda dengan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, maupun Korea, bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu negara. Namun masyarakat sepertinya tidak memberi perhatian terhadap bahasa negara ini. Bahasa asing kemudian mengambil alih perhatian masyarakat sehingga terkadang bahasa asing akhirnya dijunjung tinggi dengan penuh kebanggaan. 

Bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu Indonesia. Bahasa kesatuan inilah yang mempererat hubungan antar masyarakat. Bahkan dengan banyaknya bahasa daerah masing-masing daerah bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa nomor satu di Indonesia.

Namun yang terpenting disini adalah bahasa Indonesia yang merupakan bahasa kesatuan merupakan bahasa yang sepantasnya dijadikan daftar pertama bahasa yang dibanggakan. Karena akan sangat rancu bila suatu saat masyarakat Indonesia sendiri akhirnya tidak bisa fasih menggunakan bahasa kesatuannya sendiri.


Sri Yunita
1111040173

Tidak ada komentar:

Posting Komentar