Selasa, 06 Maret 2012

MUSDALIFAH AK-1111040199(TUGAS 1)



Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia
 
Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang mempersatukan semua perbedaan suku, ras, dan budaya di Indonesia. Itulah makna Sumpah Pemuda. Menjunjung tinggi bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia. Pada hakikatnya, bahasa Indonesia adalah bahasa yang mempunyai karakteristik yang hebat. Bahasa Indonesia terstruktur rapih dan mudah dipahami oleh semua kalangan. Apalagi dengan adanya EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) maka saya rasa Bahasa Indonesia benar-benar mempunyai nilai yang tinggi dan istimewa. 

Pada akhir tahun 2010, Hudjolly sebagai ketua DPRI mengusulkan secara terbuka agar Bahasa Indinesia menjadi salah satu bahasa resmi ASEAN. Sehingga secara resmi Indonesia pun telah mengusulkan amandemen statuta ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) agar bahasa Indonesia masuk dalam bahasa kerja AIPA. Satu lagi hal yang sepatutnya membuat kita bangga menggunakan Bahasa Indonesia, ternyata Bahasa Indonesia juga diajarkan di sekolah-sekolah luar negeri yaitu ada 45 negara di dunia yang menerapkannya diantaranya adalah Australia, Amerika Serikat, Kanada dan Vietnam. Tahukah anda bahwa di Australia, Bahasa Indonesia menjadi bahasa populer ke-4 dan tercatat 500 sekolah mengajarkannya sedangkan di Vietnam Bahasa Indonesia  dijadikan sebagai bahasa ke-2 yang diprioritaskan, sejajar dengan Bahasa Inggris, Perancis, dan Jepang.

 Itulah secuil keunggulan Bahasa Indonesia di mata dunia. Namun, kenyataannya hal berbeda terjadi di Indonesia. Pusat bahasa Kemendiknas RI melaporkan bahwa minat masyarakat Indonesia untuk belajar mahir berbahasa Indonesia kalah jauh dibandingkan keinginan masyarakat untuk mahir berbahasa asing. Secara tidak langsung kondisi tersebut menunjukkan bahwa Bahasa Indonesia belum dapat menjadi lambang supremasi bahasa di tanah air sendiri. Maka dalam hal lain timbullah pertanyaan tentang kelayakan Bahasa Indonesia untuk diekspor? Secara nasionlis pertanyaan tersebut dapat dijawab bahwa Bahasa Indonesia sangat layak untuk disejajarkan dengan bahasa internasional lainnya. Namun, dalam menanggapi jawaban tersebut harus disertai dengan tindakan nyata dan realistis.

Sebenarnya, bahasa Indonesia mengandung aneka ragam keistimewaan yang membuatnya jauh lebih luar biasa dibanding bahasa lain, hanya saja kita tidak tahu, tidak mau tahu, bahkan sengaja memandang rendah bahasa persatuan sendiri, dengan lebih banyak menghabiskan waktu mempelajari bahasa Asing, mengidolakan bahasa Asing, dan menganggap bahasa sendiri sebagai bahasa yang terbelakang. Lalu jika bukan kita yang menjunjung tinggi bahasa kita, jika bukan kita yang menghargai bahasa kita, dan bukan kita yang bangga menggunakan  bahasa kita, siapa lagi ????

Kesadaran adalah rasa utama yang perlu di tanamkan baik-baik dalam jiwa  dan hati. Sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai bangsanya sendiri. Jadi, banggalah dengan Indonesia, banggalah dengan bahasa Indonesia, dan banggalah dengan semua yang ada di Indonesia. Sebab semua ini adalah takdir dan anugerah yang harus diterima, disyukuri, dan dimanfaatkan sebaik mungkin.
                                                                                                                                                            SOURCES:


MUSDALIFAH AK.
1111040199

Tidak ada komentar:

Posting Komentar