Selasa, 06 Maret 2012

Rizki Amalia (1111040191)_tugas I


Sejarah Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu. Penduduk pertama Indonesia, pertama kali menggunakan bahasa Melayu sebagai sarana komunikasi mereka. Bahasa Melayu digunakan oleh bangsa Indonesia pada abad ke-19 dan terus mengalami perbaikan akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja atau bahasa yang baku.
Bahasa Indonesia dijadikan bahasa Negara dengan melalui perjuangan yang sangat panjang, baik sebelum Indonesia merdeka maupun sesudah merdeka. Sebelum bahasa Indonesia dijadikan bahasa Negara lebih dulu bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa nasional yang di ikrarkan melalui sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, pada masa itu Indonesia masih dalam jajahan Belanda. Setelah kongres pemuda, diadakan lagi kongres bahasa Indonesia yang pertama diadakan di Solo pada tahun 1938. Pada kongres itu ada 2 hasil keputusan yang sangat penting, yaitu (1) bahasa Indonesia diusulkan menjadi bahasa resmi dan (2) bahasa Indonesia juga diusulkan sebagai bahasa pengantar dalam badan-badan perwakilan dan perundang-undangan.
Pada tahun 1942 Jepang datang ke Indonesia dengan tujuan yang sama dengan Belanda. Tapi Jepang tak dapat berbahasa Indonesia oleh karena itu Jepang mengajarkan bahasa Jepang kepada orang Indonesia dan bermaksud menjadikan bahasa Jepang sebagai bahasa yang resmi Indonesia. Tapi usahanya percuma saja, lambat naung Jepang menyerah sehingga tampak bahwa bahasa Indoneisa sebagai bahasa persatuan dan makin kuat kedudukannya. Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional bahasa Indonesia berfungsi sebagai :
1.      Lambang kebangsaan nasional
2.      Lambang Identitas nasional
3.      Alat pemersatu berbagai suku bangsa di Indonesia
4.      Alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya
Disamping fungsinya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional masih banyak lagi fungsi bahasa Indonesia baik sebagai bahasa nasional amupun bahasa Negara. Oleh karena itu kita harus selalu berbangga dengan bahasa Indonesia.
Refrensi           : http://www.massofa.wordpress.com/2008/09/15/lahirnya-bahasa-indonesia/
RIZKI AMALIA 
  1111040191 
MATH ICP B 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar