Selasa, 06 Maret 2012

Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia sangatlah penting digunakan dalam dunia pendidikan. Di Negara kita ini, Bahasa Indonesia digunakan sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Di Negara kita dikenal dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, yang artinya Walau kita berbeda bahasa dan budaya tetapi kita tetap satu. Di Indonesia terdapat beragam Bahasa daerah seperti Bugis, Batak, Jawa, dll. Disinilah Bahasa Indonesia memiliki peranan penting untuk mempersatukan bangsa kita dari berbagai suku.
Ketika menjajaki bangku sekolah, pelajaran Bahasa Indonesia akan kita dapatkan. Dalam kasus seperti ini, bahasa berfungsi untuk menyampaikan pesan kepada peserta didiknya dalam memberikan materi. Bukan hanya di bangku sekolah, namun  di Perguruan Tinggi masih bisa kita temukan.
Bahasa Indonesia yang kita kenal sebagai Bahasa Resmi, masih terdapat di beberapa kota besar, kebanggannya terhadap Bahasa Indonesia menunjukkan hal yang kurang positif. Hal ini dikarenakan pengaruh globalisasi yang didominasi oleh budaya orang Barat. Bahasa Inggris yang kita kenal sebagai bahasa Internasional tidak salah jika kita gunakan dalam kehidupan kita. Namun bahasa asing tersebut baiknya digunakan pada tempatnya.
Bahasa yg sedikit alay kerap kita temukan di kalangan remaja-remaja saat ini. Bahasa alay lebih cenderung digunakan dibandingkan dengan bahsa baku. Hal seperti ini mencerminkan ketidakadaannya nilai social budaya terhadap bangsa kita. Sangatlah tragis apabila kebanggaan terhadap bangsa International lebih cenderung dibandingkan dengan bahasa local. Bahasa Indonesia telah menjadi warisan budaya bangsa sejak 28 Oktober 1928. Jadi, apabila bahasa ini tidak digunakan lagi, maka budaya bangsa akan hilang.
Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi Negara kita. Maka dari itu kita wajib menggunakan dan merawatnya dengan baik dan tetap terjaga.

Sumber :

Dwi Meldya Lestari
1111040184


Tidak ada komentar:

Posting Komentar