Senin, 19 Maret 2012

Riska Dewi Yanti Syarif(1111040180)-tugas III

                                  KEWAJIBAN DAN HAK SESAMA MANUSIA

Manusia diciptakan sebagai mahluk individu dan mahluk sosial, dimana manusia tersebut  memiliki kehidupan pribadi dan juga kehidupan bermasyarakat. Kita tidak boleh memikirkan diri kita sendiri karena kita tidak hidup sendiri dan juga tidak dapat hidup hanya seorang diri. Maka dari itu, dalam menjalani kehidupan kita perlu adanya sikap saling toleransi terhadap hak orang lain dan bertanggung jawab terhadap kewajiban sendiri.
Sikap toleransi terhadap hak orang lain bukanlah berarti kita tidak boleh memperjuangkan hak kita sendiri. Sikap toleransi disini diartikan sebagai sikap menahan diri dari sikap berlebihan dalam menggunakan hak pribadi sehingga mengesampingkan hak orang lain. Misalnya saja, hak untuk berbicara. Kita tidak boleh menggunakan hak kita untuk berbicara dan tidak membiarkan orang lain untuk menggunakan haknya untuk berbicara. Pada kondisi seperti ini, kita memiliki tanggung jawab untuk mendengarkan apa yang dikatakan oleh lawan bicara kita.
Dewasa kini, banyak masyarakat yang menyalahgunakan hak pribadinya dan tidak lagi mengutamakan kewajibannya untuk menghargai hak orang lain. Sikap yang kini berkembang diantara masyarakat adalah sikap mengutamakan hak sebelum kewajiban. Sehingga, tidaklah heran jika kebanyakan masyarakat kini memiliki sikap egois dan ingin menang sendiri.
Jika setiap masyarakat kini dapat menyadari bahwa ada kewajiban sebelum hak, maka kehidupan sosial dimasyarakat tentu membaik. Keadaan masyarakat yang harmonis dapat dengan mudahnya tercipta. Yang pada akhirnya akan menjadikan kita semua masyarakat yang lebih sadar dan bertanggung jawab.

Disusun oleh :
Riska Dewi Yanti Syarif
1111040180
ICP Matematika 2011
Universitas Negeri Makassar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar