Selasa, 20 Maret 2012

AISYAH_1111040177

TULISAN ILMIAH
MANFAAT GIZI DARI SAYURAN BERWARNA
                Menurut para pakar gizi, kita perlu mengonsumsi sedikitnya lima kelompok bahan pangan berwarna alami setiap hari, yakni merah, putih, biru atau ungu, kuning dan hijau. Warna yang dihasilkan oleh tumbuhan menunjukkan keberadaan fitokimia tertentu yang berkhasiat dalam pencegahan penyakit tertentu. Oleh karena itu penting untuk mengenali manfaat di balik sayuran dan buah yang berwarna-warni. Di bawah ini adalah berbagai macam warna alami pada buah dan sayuran dengan manfaatnya.
·         Warna Kuning atau Oranye
Buah-buahan dan sayuran yang berwarna kuning atau oranye merupakan sumber vitamin C dan antioksidan. Zat ini dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular dan membangun kembali kolagen dalam kulit, melindungi kesehatan mata dan fingsi daya ingat, serta melindungi kulit dari risiko paparan matahari. Selain itu buah-buahan yang berwarna kuning juga kaya akan potasium yang bermanfaat mencegah stroke dan penyakit jantung koroner.
·         Warna Putih
Kelompok buah dan sayuran yang berwarna putih adalah kol, sawi putih, bawang putih, pisang, jamur, dan kentang. Warna putih tersebut berasal dari antozantin, jenis flavonoid yang memiliki sifat antioksidan, serta kandungan potasium. Manfaat dari kelompok putih ini adalah mampu menurunkan risiko kanker prostat, dan meningkatkan aktivitas kekebalan tubuh.
·         Warna Merah
Buah serta sayuran yang berwarna merah kaya akan fitonutrien likopen dan antosianin. Warna ini dapat ditemukan pada tomat, semangka, jambu biji, stroberi, anggur merah, apel merah dan ceri. Manfaatnya adalah sebagai zat anti penuaan, antioksidan, antiinflamasi pada penderita asam urat atau rematik, mengurangi risiko penyakit jantung, melindungi kanker, dan menjaga tekanan darah tetap normal.
·         Warna Biru atau Ungu
Kelompok buah dan sayuran yang berwarna biru atau ungu mempunyai fitokemikal seperti antosianin, dan phenolik sebagai antioksinyang sangat kuat. Zat ini banyak terdapat dalam blueberry, anggur ungu dan kismis hitam, serta buah plum. Zat-zat yang terdapat dalam buah dan sayuran ini telah terbukti dapat memperlambat proses penuaan, terutama risiko penurunan daya ingat.
·         Warna Hijau
Warna hijau dalam buah dan sayuran disebabkan adanya pigmen klorofil. Sedangkan warna gelapnya karena zat lutein dan zeaxanthin, yaitu dua karotenoid pada kacang polong kuning, bayam, dan sayuran hijau gelap lainnya. Kedua senyawa ini diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko katarak. Dan buah serta sayuran yang berwarna hijau ini baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang merencanakan kehamilan, karena mengandung serat yang tinggi, magnesium dan folat, serta sebagai sumber potasium.
AISYAH (1111040177)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar