Selasa, 06 Maret 2012

Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia


Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa  pemersatu bangsa, sehingga selain bahasa daerah masing-masing perlu diketahui dan digunakan bahasa Indonesia. Ketika seorang ingin berbicara dengan seorang yang baru dikenal tentu saja orang tersebut akan menggunakan bahasa Indonesia. Tetapi mengapa bahasa Indonesia tidak diperkenalkan ketika ada orang asing berkunjung ke negara ini seperti sapaan-sapaan sederhana “apa kabar”, “selamat datang di Indonesia?. Mengapa kita lebih senang berbahasa Inggris dibanding berbahasa Indonesia?. Pertanyaan-pertanyaan ini yang sering didengar selama ini. Lalu pernahkah terpikirkan solusinya?
            Permasalahannya di sini adalah seharusnya bahasa Indonesia itu digunakan dengan benar, tidak dicampur dengan bahasa asing, karena sering kali didapati ketika seorang berbicara di depan umum menyelipkan kata-kata yang diadopsi dari bahasa Inggris
            Salah satu faktor mundurnya minat generasi muda negeri ini berbahasa Indonesia yaitu sarana-sarana komunikasi utama seakan dikuasai oleh bahasa asing seperti internet sehingga, hal ini merangsang alam bawah sadar bahwa jika semua akses yang dianggap penting itu menggunakan bahasa asing. Bahkan sembilan puluh persen situs-situs internet menggunakan bahasa Indonesia.
            Prof Bambang Yulianto, Guru Besar Bidang Ilmu Pembelajaran Bahasa di Unesa, menyampaikan keprihatinan terhadap kondisi pembelajaran bahasa Indonesia. Kurikulumnya berganti-ganti, tetapi tetap tidak menghasilkan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik. Itu pun diperparah oleh kurangnya guru dengan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik.
            Dan sebenarnya ada cara praktis yang dapat dijadikan sebagai sarana memperkenalkan generasi muda untuk lebih bangga dan mencintai bahasa Indonesia yaitu dengan membuat hal-hal kecil seperti membuat blog kelas yang isinya harus mencerminkan kebanggan dan kecintaan terhadap bahasa Indonesia.

Sumber : andreasbistok90.blogspot.com/.../bangga-berbahasa-indonesia.html
              www.wijayalabs.com/.../kenapa-kita-tak-bangga-dengan-bahasa-indo...
             edukasi.kompasiana.com/.../bangga-berbahasa-indonesia-sebuah-cara...

A. Mutmainna
1111040187
                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar