Selasa, 06 Maret 2012

Tugas 1 (Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia)


 Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia


Apakah bahasa itu ?


"Pengertian bahasa:
Sepengetahuan saya tentang bahasa iyalah salah satu alat komonikasi antar manusia ,banyak sekali macam gaya bahasa,mulai dari suara dari mulut,gerakan tangan,lukisan,bunyi gendang dll.tetapi gaya bahasa yang paling kuat adalah dengan menggunakan suara dari mulut kita karena jauh lebih luas dan kompleks daripada dengan menggunakan media yang lain. Bahasa punya mempunya fungsi yaitudalam sehari-hari kita berkomonikasi yang sering kita gunakan adalah lisan maupun tulisan."
Sumber :(http://mirdagunadarma2.blogspot.com/2011/09/aku-bangga-berbahasa-indonesia.html)
Bahasa adalah sebagai sebuah sistem komunikasi yang membuat manusia dapat bekerja sama. Definisi ini menekankan fungsi sosial dari bahasa dan fakta bahwa manusia menggunakannya untuk mengekspresikan dirinya sendiri dan untuk memanipulasi objek dalam lingkungannya.
Sumber : (http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa#Definisi)
Bahasa adalah sistem lambang bunyi yg arbitrer, yg digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.

Bahasa adalah sarana manusia untuk berkomunikasi dalam segala kegiatannya. Baik antar mahluk hidup atau yang menciptakannya. Oleh karena itu, bahasa merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa di abaikan peranannya.

Banggakah Kita Dengan Bahasa Kita, Bahasa Indonesia ?
 
Sering kali banyak warga Negara Indonesia yang ketika ditanya apakah ia bangga dengan bangsa Indonesia, mereka akan menjawab iya. Namun, mereka tidak menyadari bahwa apa yang mereka ucapkan tidaklah sesuai dengan apa yang mereka lakukan sebagai realisasi dari ucapan mereka.
Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Maka dari itu, kita sangat membutuhkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari juga dapat menghilangkan perbedaan diantara kita. Kita bukan lagi mengenal masyarakat lain yang berbeda suku dengan kita sebagai masyarakat yang memiliki perbedaan dengan kita khususnya dibidang bahasa.
Selain itu, kebanyakan, dimasa sekarang ini Bahasa Indonesia kurang mendapatkan tempat disekitar masyarakat. Salah satu bukti kecilnya adalah penggunaan bahasa asing untuk petunjuk penggunaan suatu produk. Bukankah itu menunjukkan bahwa sesunggunya bangsa ini tidak sepenuhnya bangga menggunakan bahasa persatuan kita yaitu bahasa Indonesia.
Selain itu, khususnya dikalangan remaja pengembangan bahasa sedang marak terjadi. Lebih dari setengah populasi remaja dalam suatu wilayah akan lebih cenderung mempelajari bahasa Negara lain dibandingkan bahasa Indonesia. Mereka akan lebih berbangga jika dapat menguasai bahasa asing daripada bahasa negaranya sendiri.
Pada hakikatnya, mempelajari berbagai bahasa itu tidaklah salah atau bahkan dilarang. Namun, pada kenyataannya dimasa kini pembelajaran terhadap bahasa asing malah cenderung menurunkan minat masyarakat luas untuk memperdalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mempelajari bahasa asing itu memang penting untuk memperkaya pembendaharaan kata kita. Namun, tentu akan sangat mengecewakan jika kita masih lebih mengenal bahasa bangsa lain dibandingkan dengan bahasa negeri kita sendiri. Tentulah hal tersebut tidak patut menjadi suatu kebanggaan.
Maka dari itu, patutlah kita sebagai warga negara Indonesia membudayakan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika bukan kita, siapa lagi yang akan memelihara bahasa kita.

Disusun oleh :
Riska Dewi Yanti Syarif
1111040180
Matematika ICP B 2011
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makassar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar