Selasa, 27 Maret 2012

A.Mutmainna_1111040187_tugas 4


PENGARUH KEMACETAN TERHADAP BAHAN BAKAR

Kemacetan dialami hampir semua kota-kota besar yang terjadi karena kepadatan lalulintas yang tak terbendung dan masih banyak hal-hal lainnya yang memicu kemacetan. Semakin meningkatnya pengguna kendaraan terutama kendaraan roda empat akan memicu kemacetan.
           Tetapi hal ini masih dapat dibenahi dengan alternatif seperti membuat jalan bertingkat, jalur bawah tanah, hingga membuat jalur khusus seperti busway, tetapi alternatif itu masih belum cukup menangani kemacetan apalagi di kota-kota besar seperti jakarta yang rawan dengan kemacetan.
          Di Jakarta misalnya, kerugian terbesar akibat bahan bakar yang terbuang mencapai Rp. 10,7 triliun per tahun (jelas mantan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Iskandar Abubakar yang diungkapkan di us.detiknews.com, senin 26 maret 2012). Bahkan seorang pengendara mobil mengaku saat musim macet, bensin yang ia gunakan mencapai satu liter untuk tiga kilometer, sehingga berapa liter bahan bakar yang terbuang karena kemacetan?. Nah, pada artikel ini saya akan memberikan tips agar bensin tetap hemat. Solusinya yaitu :
1.      Injak pedal rem seperlunya saja
Manfaatkan gaya luncur mobil atau motor hinggadiperlukan untuk berhenti barulah kita injak pedal rem. Hal ini cukup membantu untuk menghemat bahan bakar
2.     Selalu waspada
Untuk menerapkan poin nomor satu di atas, mengharuskan kita untuk selalu waspada dengan kondisi di sekitar kendaraan kita agar tidak terjadi kecelakaan.
3.     Seakan naik sepeda
Saat akan melalui suatu tanjakan, sebisa mungkin tingkatkan kecepatan saat di tanjakan biarkan mobil atau motor meluncur hingga perlahan kecepatan akan berkurang, bila perlu barulah tekan gas lagi untuk menyelesaikan rute tanjakan tersebut. Dengan cara demikian, mengurangi konsumsi BBM karena mesin tidak dipaksa mendorong mobil dengan kondisi beban yang lebih berat (jalan menanjak)
4.     Kondisi kendaraan yang prima
Tekanan ban yang tepat, mesin selalu di tune-up secara berkala, menggunakan bensin dengan oktan yang sesuai dengan kebutuhan mesin, membantu menghemat konsumsi BBM
5.     Rencanakan rute perjalanan
Rencanakan rute perjalanan perlu dilakukan khususnya jika kita akan bepergian ke beberapa tempat juga menentukan jalan mana yang akan dilalui, untuk dipilih jalan mana yang tidak macet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar