Senin, 19 Maret 2012

NURSYAM ANAGUNA - TUGAS 3


KEMAMPUAN BERBICARA

     Bicara merupakan bentuk komunikasi manusia yang paling mendasar, yang membedakan kita sebagai suatu spesies. Berbicara hendaknya tidak menjadi tantangan, kewajiban berat, atau sekadar cara untuk mengisi waktu. Berbicara adalah penemuan terbesar manusia. Dengan cara itulah kita dapat saling berhubungan dan berbicara menjadi salah satu kenikmatan hidup. Anggaplah setiap percakapan sebagai sebuah kesempatan.


    Kemampuan berbicara seseorang berbeda-beda. Ada yang sangat pandai dalam berbicara dan terkadang ada pula yang merasa sulit untuk berbicara sehingga tidak mampu mengutarakan ide dalam pikirannya. Bagaimanapun kemampuan yang kita miliki, ingatlah bahwa:
  • Jika kita merasa tidak ahli dalam berbicara, yakinlah bahwa kita dapat menjadi ahli.
  •  Jika kita sudah merasa pandai berbicara, kita dapat melakukannya dengan lebih baik.
     Beberapa orang berpendapat bahwa berbicara adalah bakat alami sehingga hanya orang-orang yang memiliki bakat tersebut akan piawai dalam berbicara. Tetapi kita tidak boleh bertolak pada gagasan tersebut karena seseorang yang mempunyai kemampuan alami untuk suatu hal pun harus berusaha mengembangkannya dan mengubah bakat tersebut menjadi keahlian. Luciano Pavarotti dilahirkan dengan suara indah, tetapi ia tetap harus belajar menyanyi.

     Seseorang yang memiliki keahlian berbicara berpotensi untuk  menjadi pembicara terbaik. Ada beberapa ciri-ciri pembicara terbaik antara lain:
  • Memandang suatu hal dari sudut pandang yang baru, mengambil titik pandang yang tak terduga pada hal-hal yang umum.
  • Memunyai cakrawala yang luas, memikirkan dan membicarakan isu-isu serta beragam pengalaman di luar kehidupan mereka sehari-hari.
  • Antusias, menunjukkan minat besar pada apa yang diperbuat dalam kehidupan.
  • Tidak pernah membicarakan diri sendiri.
  •  Memiliki rasa ingin tahu.
  • Menunjukkan empati dan menempatkan diri pada posisi pembicara lainnya.
  • Memunyai selera humor.
  • Memiliki gaya bicara sendiri.
Seorang pembicara terbaik memiliki kemampuan menyampaikan pesan dengan efektif dalam situasi apapun karena mereka mampu mendengarkan dan mengikuti segala percakapan dengan penuh keyakinan. Menurut pendapat Larry King (1994), ”Tak seorang pun tidak dapat Anda ajak bicara, bila Anda memiliki sikap yang tepat.” Jadi, jangan berhenti berbicara dan jadilah pembicara yang kemampuan memesona.

Oleh :
Nursyam Anaguna
1111040194
Matematika ICP B 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar