Selasa, 13 Maret 2012

indonesian


  1.           Apa yang dimaksud dengan bahasa indonesia ragam ilmiah ?
Jawab : Bahasa indonesia sebagai ragan ilmiah adalah salah satu bahasa indonesia yang digunakan dalam menulis karya ilmiah, sebagai bahasa yang digunakan untuk memaparkan fakta, pkan bisa menjadi konsep, prinsip, teori atau gabungan dari keempatnya, bahasa indonesia diharapkan bisa menjadi media yang efektif untuk berkomunikasi ilmiah, baik secara tertulis maupun lisan.

2.          Jelaskan kriteria bahasa indonesia ragan ilmiah berikut ini !
a.       Cendekia
b.      Lugas dan jelas
c.       Menghindari kalimat fregmentaris
d.      Bertolak dari gagasan
e.      Formal dan objektif
f.        Ringkas dan padat
g.       Kosisten

 
Jawab :
a.       Bahasa indonesia Cendekia adalah bahasa indonesia itu mampu digunakan secara tepat untuk mengungkapkan hasil berpikir logis, yakni mampu membentuk pertanyaan yang tepat dan seksama.
b.      Bahasa indonesia lugas dan jelas adalah bahsa indonesia yang mampu menyampaikan gagasan ilmiah secara jelas dan tepat. Untk itu setiap gagasan diungkapkan secara langsung sehingga makna yang ditimbulkan adalah makna lugas.
c.       Mengindari kalimat fregmentaris adalah menghindari kalimat yang bekum selesai  yaitu kalimat yang terjadi antara lain karena adanya keinginan penulis menggunakan gagasan 
d.      Bertolak dari gagasan adalah penonjolan yang diadakan pada gagasan atau hal yang diungkapkan dan tidak pada penulis implikasi, kalimat-kalimat yang digunakan didominasi oleh kalimat pasif.
e.      Formal dan objektif adalah pilihan kosa kata,bentuk kata, dan struktur kalimat. Yang digunakan bernada formal dan kalimat-kalimatnya memiliki unsur lengkap.
f.        Ringkas dan padat penggunaan bahasa yang henat yang berarti tidak adanya unsur-unsur bahasa yang mubazir.
g.       Konsisten adalah penggunaan unsur bahasa, tanda baca, tanda-tanda lain dan istilah yang sesuai dengan kaidan dan semuanya digunakan secara konsisten.   

3.     Jelaskan perbedaan ragam resmi dan ragam tidak resmi ?
   Jawab :  ragam resmi yaitu bahasa yang digunakan dalam situasi formal seperti dikantor,          didalam kelas, dalam ruangan rapt resmi, dalam berdiskusi, berpidato dan juga digunakan           dalam      surat menyurat resmi , administrasi pemerintahan, perundang-undangan negara, dan dalam   karya ilmiah sedangkan ragam tidak resmi adalah bahasa yang di gunakan dalam situasi non formal seprti  di dalam rumah tangga, pinggir jalan, warung-warung, dipasar dan sebagainya.
Nama: Sri Marwah(1111040176)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar