Selasa, 20 Maret 2012

TUGAS III SRI MARWAH (1111040176)

Kebudayaan sebagai identitas Indonesia

Kebudayaan indonesia adalah suatu kondisi majemuk karena bermodalkan berabagai kebudayaan lingkungan wilayah yang berkembang menurut tuntutan sejarahnya sendiri-sendiri. Pengalaman serta kemampuan wilayah-wilayah itulah yang memberikan bentuk dari kebudayaan itu. Selain itu, proses sosialisasi yang kemudian di kembangkan dalam kerangka masing- masing kultur itu memberi warna kepada kpribadian pada setiap wilayah di Indonesia.
Kita sebagai kumpulan masyarakat lama akhirnya berpendapat bahwa satu-satunya jalan untuk bisa mengatasi keterbelakangan kondisi kepulauan ini ialah dengan membuat suatu kesatuan, sejak semula sesungguhnya kita juga menyadari kemajemukan serta ketimpangan keadaan itu. Sejak semula seyogianya perlu disadari bahwa perjalanan panjang, yang mesti kita tempuh bila kita menuju kepada satu kebudayaan baru yang “homogen”. Tantangan kebudayaan indonesia yang menggalang konsep kebudayaan baru yang disebut indonesia adalah kondisi majemuk kita serta ketimpangan, tantangan berikutnya adalah konsekuensi dari kehendak untuk embuka pintu budaya kita lebar-lebar. Tidak hanya bagi kebudayaan-kebudayaan lingkungan yang lain, tetapi juga kebudayaan asing lewat saluran ekonomi, pendidikan, dan politik.
Kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa. Dengan demikian Pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berbudaya.
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak ragam budaya yang berbeda-beda dari setiap suku daerah yang berbeda pula. Perbedaan itu sendiri justru memberikan kontribusi yang cukup besar pada citra bangsa Indonesia. Kebudayaan dari tiap-tiap suku daerah inilah yang menjadi penyokong dari terciptanya budaya nasional Indonesia.
Identitas budaya nasional kita saat ini memang belum jelas selain hanya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan Pancasila sebagai filosofi atau pandangan hidup bangsa. Selain itu, perbedaan juga akan menyulut terjadinya sebuah konflik jika para pelakunya tidak dapat mengendalikan emosi mereka masing-masing. Lingkungan dan masyarakat sangatlah menentukan bagaimana sebuah kebudayaan itu tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat itu sendiri. Manusia sebagai pelaku dan pencipta kebudayaan mengatur perkembangan budaya, dan budaya sebagai fenomena sosial citapaan manusia mendidik manusia itu sendiri untuk mengerti dan memahami tentang keadaan sosial masyarakatnya. itulah yang disebut dengan dialektika atau saling ketergantungan antara manusia dengan kebudayaan.

NAMA : SRI MARWAH (1111040176

Tidak ada komentar:

Posting Komentar