Selasa, 06 Maret 2012

tugas bahasa indonesia

Nama ; SRI MARWAH (1111040176)
Sejarah Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa resmi Repulik Indonesia, yang lahir pada tanggal 28 oktober 1928 yang di beri nama sumpah pemuda. Isi dari sumpah pemuda itu adalah (1) Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia, (2) Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan (3) menjunjung bahasa persatuan, bahasa  Indonesia. Mulai pada saat itu bahasa indonesia di jadikan sebagai bahasa pembersatu dari ratusan bahasa daerah yang terdapat di Nusantara.
Bahasa indonesia ini berasal dari bahasa melayu yang sejak dulu telah dipergunakan. Pada saat itu bahasa melayu pertama kali di gunakan sebagai bahasa kerajaan tertua di jambi(sebelum kemerdekaan ), dan pada abad ke-7 diruntuhkan oleh kerajaan Sri wijaya yang merupakan pusat ilmu pengetahuan. Di kerajaan sri wijaya inilah bahasa melayu di jadikan sebagai bahasa penghubung antar suku  di nusantara dan digunakan sebagai bahasa perdagangan. Bahasa melayu ini sangat mudah di terima di kalangan masyarakat Nusantara seiring dengan itu bahasa melayu kiang  berkembang dengan meluasnya penyebaran agama islam di Nusantara.
 
Pada abad ke 14-15 terjadi pertemuan di malaka yang merupakan pusat perdagangan, Namun kerajaan malaka hanya berkembang sebentar saja karena portugis datang dan menguasai malaka, dan kedatangan portugis ini mau tidak mau harus menggunakan bahasa melayu yang merupakan bahasa yang digunakan oleh masyarakat setempat, kemudian tidak lama kemudian datnglah belanda yang ingin menguasai dan mengambil hasil bumi indonesia namun para prajurit ini masih sama dengan bangsa portugis yang menggunakan bahasa melayu, semua ini bertujuan untuk lebih memudahkan mereka untuk berkomunikasi dengan masyarakat setempat dan lebih memahami apa saja yang terdapat di daerah tersebut walaupun pada saat bangsa belanda juga berusaha untuk menyebarkan bahasanya yaitu bahasa belanda yang berusaha mempengaeruhi para pelajar untuk menguasai bahasa belanda sehingga pada saat itu para pelajar kurang mengerti dengan bahasa indonesia. Setelah itu pada masa penjajahan jepang yang sangat penting karena pada itu bahasa melayu / indonesia dijadikan sebagai bahasa utama yang di gunakan setiap hari sebagai bahasa komunikasi, bangsa jepang sangat menghindari dengan penggunaan bahasa belanda karena bangsa belanda merupakan musuh bagi jepang. 
Pada abad ke-20 para cendikiawan bersatu untuk merangkul para pemuda indonesia untuk mempertahankan bahasa indonesia sebagai bahasa kebangsaan, dan kemudian para pemuda indonesia mengadakan kongres pada tanggal 28 oktober 1928 yang dinamakan sebagai sumpah pemuda, dan di kongres inilah bahasa indonesia mulai dinyatakan sebagai bahasa persatuan di Nusantara. Kemudian kongres bahasa indonesia di laksanakan di solo yang diadakan ole Ki hajar dewantara dengan tujuan untuk memperbaiki tata bahasa indonesia, agar lebih sempurna.
Bahasa indonesia di nobatkan sebagai bahasa negara pada 18 agustus 1945 yang di cantumkan dalam pasal 36 yaitu “Bahasa negara adalah bahasa indonesia”. Mulai saat itu lah bahasa indonesia memasuki periode baru yang lebih dibina dan di kembangkan, bahasa indonesia di jadikan kedudukananya sebagai bahasa ilmu, bahasa politik, bahasa ekonomi dan sebagainya. Pada tahun 1972 pemerintah Repulik indonesia (masa orde lama-orde baru) menetapka pemakaian ejaan baru. Ejaan baru itu berturut-turut di ubah yaitu : (1)ejaan vaan  OPHUIJKSEN     (2)) ejaan SOEWANDI       (3)ejaan yang disempurnakan. Ejaan yang disempurnakan itu lah yang kita gunakan selama ini.
Bahasa indonesia pun semakin berkembang yang di jadikan sebagai kebanggaan indonesia, dengan keluhuran itu kita sebagai bangsa indonesia harus bangga menggunakan dan mempertahankan bahasa indonesia sebagai bahasa kita, tidak perlu rendah diri dan acuh tak acuh untuk menggunakan bahasa indonesia. Mari kita merealisasikannya dengan mempertahankan bahasa indonesia sebagai bahasa kita walau pun banyak bahsa asing yang kaing datang di Nusantara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar