Selasa, 13 Maret 2012

Nama   : Dwi Meldya Lestari
NIM    : 1111040184
ICP of Math B
1.      Apa yang dimaksud dengan Bahasa Indonesia Ragam Ilmiah ?
Jawab :
Bahasa Indonesia Ragam ilmiah merupakan bahasa Indonesia yang digunakan untuk memaparkan fakta, konsep, prinsip, teori atau gabungan dari keempatnya dalam penulisan karya ilmiah.
2.      Jelaskan criteria Bahasa Indonesia ragam Ilmiah berikut ini!!
Jawab :
a.       Cendekia   : bahasa yang digunakan secara tepat untuk mengungkapkan hasil berpikir logis yang mampu membentuk pernyataan dengan seksama.
b.      Lugas dan jelas : bahasa yang mampu menyampaikan gagasan ilmiah secara jelas dan tepat.
c.       Menghindari kalimat yang fragmentaris : kalimat yang belum selesai.
d.      Bertolak dari gagasan : penonjolan diadakan pada gagasan atau hal yang diungkapkan dan tidak pada penulis.
e.       Formal dan objektif : ditandai pada pilihan kosa kata yang bernada formal, bentuk kata, dan struktur kalimat.
f.       Ringkas dan padat : tidak adanya unsure bahasa yang mubazir, yang menuntun adanya penggunaan bahasa yang hemat.
g.      Konsisten :ditujukan pada penggunaan unsure bahasa, tanda baca, tanda-tanda lain dan istilah yang sesuai dengan kaidah.
Contoh :
                  Perpustakaan sekolah merupakan sebuah unit tertentu yang ada di sekolah. Tujuan dari perpustakaan sekolah adalah untuk menunjang proses pendidikan yang ada disekolah tersebut. Oleh karena itu, bahan-bahan pustaka disesuaikan dengan tujuan itu. Hal ini tidak berarti semata-mata berisi buku-buku pelajaran yang dipakai dalam proses belajar mengajar, tetapi juga bahan untuk maksud rekreasi ilmu pengetahuan popular, dll.sebab proses pendidikan yang sesungguhnya bukanlah sekedar memberikan ilmu-ilmu yang ada pada guru kepada siswa melainkan juga merangsang murid-murid untuk selalu mengembangkan diri, mengembangkan bakat dan kemampuannya. Untuk itu siswa sendiri perlu aktif dan diharapkan tidak puas dengan apa yang diberikan oleh guru di ruang kelas. Dalam halini, perpustakaan dapat menyumbangkan yang besar dan berguna. Itu berarti pula para pengelola perpustakan ikut ambil peranan dalam proses pendidikan, sedanngkan peran guru tidak lepas dari tugas dan pembinaan siswa agar mencintai dan menggunakan perpustakaan semaksimal mungkin.
3.      Jelaskan perbedaan ragam resmi dan ragam tidak resmi!
Jawab :
*      Ragam resmi merupakan ragam bahasa yang dipakai dalam suasana resmi.
*      Ragam tidak resmi merupakan ragam bahasa yang digunakan melalui media tulis, tidak terkait ruang dan waktu sehingga diperlukan kelengkapan struktur sampai pada sasaran secara visual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar