Selasa, 27 Maret 2012

Nadzra(1111040190) - tugas 4


BAHAYA YANG TERSELUBUNG
DIBALIK TERIAKKAN MEMBELA MASYARAKAT

Kemacetan di Indonessia sudah tidak bisa di pungkiri lagi. Kemacetan selalu terjadi di kota-kota besar yang ada di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, begitu juga dengan Makassar yang merupakan ibu kota Indonesia  bagian timur. Hampir semua jalan-jalan protokol yang ada di Makassar macet di mulai dengan jam 07:30 am dan jam 05:00 pm. Ditambah lagi dengan kenaikan  bahan bakar minyak (BBM) yang mendorong mahasisiwa untuk melakukan demonstrasi berharap pemerintah akan mendengarkan kehendak masyarakat yang menginginkan bahan bakar minyak (BBM) tetap dengan harga rp 4.500,00 per liternya.
Demontrasi adalah pernyataan protes yg dikemukakan secara massal; unjuk rasa: mereka berbondong-bondong mengadakan-menentang (Kamus Besar Bahasa Indonesia: 2012). Demonstrasi di lakukan untuk menunjukan sikap tidak setuju dengan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang merupakan kebijakan pemerintah. Demonstrasi dilakukan dengan beragam cara untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa saat orasi berlangsung.
Demonstrasi yang di lakukan oleh mahasiswa dengan cara membakar ban mobil dan menutup jalan makin menambah kemacetan di kota makassar sehingga banyak kenderaan yang harus berhenti dalam keadaan mesin kenderaan masih dinyalakan sehingga memperbanyak bahan bakar minyak (BBM) yang terbuang percuma. Keadaan seperti ini lebih memperburuk pengunaan bahan bakar minyak (BBM). Menurut penelitian yang dilakukan di jepang saat mobil berhenti pada lampu merah mesin kenderaan harus dimatikan agar bahan bakar minyak (BBM) tidak terbuang percuma.
Mahasiswa membakar ban yang menyebabkan banyaknya asap mengepul di udara menyebabkan polusi. Bahaya asap ban yang mengepul bisa menyebabkan alergi tipe I yang bisa berakibat fatal, bahkan  hingga kematian. Di Amerika Serikat, salah satu negara pengimpor karet alam terbesar dari Indonesia, diperkirakan terdapat sekitar 20 juta orang yang alergi terhadap karet Hevea ini. Demikian pula di Eropa dan Jepang, sekalipun tidak sedratis di Amerika jumlah penderita alergi selalu meningkat dari tahun ke tahun. Padahal Amerika Serikat, Eropa dan Jepang saat ini adalah negara-negara pengimpor karet terbesar bersama China.
Masalah kedua yang lebih menakutkan ialah isu unsur penyebab kanker yang terkandung dalam karet alam (carcinogen). Karet alam sendiri bukan merupakan unsur penyebab kanker, tapi pada saat dilakukan proses vulkanisasi dengan belerang biasanya ditambahkan bahan kimia tambahan untuk mempercepat proses vulkanisasi (bahan akselerasi).  Bahan tambahan inilah yang membentuk nitrosamine yang diduga bertanggung jawab atas penyakit kanker yang ditimbulkan karena kontak dengan karet alam.
Pada proses vulkanisasi konvensional yang menggunakan belerang ini, bahan akselerasi harus ditambahkan pada lateks karet alam untuk mempercepat proses. Beberapa senyawa kimia yang biasa digunakan sebagai bahan akselerator diantaranya ialah morpholino(di)thiobenzothiazole, dithiomorpholine, tetramethylthiuram disulfide, Zinc dimethldithiocarbamate dan sebagainya yang bisa membentuk 4-nitrosomorphine dan dimethylnitrosamine. Kandungan nitrosamine ini yang merupakan unsur karsinogen yang berbahaya.
Mahasiswa membela masyarakat tanpa memperhatikan kesehatan dirinya sendiri. Bahan bakar minyak (BBM) merupakan kebutuhan yang sangat mendasar di kehidupan manusia sekarang ini. oleh karena itu, mahasiswa membela tanpa letih dengan cara menyampaikan aspirasi yang menolak kebijakan pemerintah menaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Mahasiswa selalu menjadi pahlawan masyarakat akibat kebijakan pemerintah yang tidak dapat diterima oleh masyarakat.
Jika dilihat kasar, minyak Bumi hanya berisi minyak mentah saja, tapi dalam penggunaan sehari-hari ternyata juga digunakan dalam bentuk hidrokarbon padat, cair, dan gas lainnya. Pada kondisi temperatur dan tekanan standar, hidrokarbon yang ringan seperti metana, etana, propana, dan butana berbentuk gas yang mendidih pada -161.6 °C, -88.6 °C, -42 °C, dan -0.5 °C, berturut-turut (-258.9°, -127.5°, -43.6°, dan +31.1° F), sedangkan karbon yang lebih tinggi, mulai dari pentana ke atas berbentuk padatan atau cairan. Meskipun begitu, di sumber minyak di bawah tanah, proporsi gas, cairan, dan padatan tergantung dari kondisi permukaan dan diagram fase dari campuran minyak Bumi tersebut.
Sumur minyak sebagian besar menghasilkan minyak mentah, dan terkadang ada juga kandungan gas alam di dalamnya. Karena tekanan di permukaan Bumi lebih rendah daripada di bawah tanah, beberapa gas akan keluar dalam bentuk campuran. Sumur gas sebagian besar menghasilkan gas. Tapi, karena suhu dan tekanan di bawah tanah lebih besar daripada suhu di permukaan, maka gas yang keluar kadang-kadang juga mengandung hidrokarbon yang lebih besar, seperti pentana, heksana, dan heptana dalam wujud gas. Di permukaan, maka gas ini akan mengkondensasi sehingga berbentuk kondensat gas alam. Bentuk fisik kondensat ini mirip dengan bensin. Persentase hidrokarbon ringan di dalam minyak mentah sangat bervariasi tergantung dari ladang minyak, kandungan maksimalnya bisa sampai 97% dari berat kotor dan paling minimal adalah 50%.
Jenis hidrokarbon yang terdapat pada minyak Bumi sebagian besar terdiri dari alkana, sikloalkana, dan berbagai macam jenis hidrokarbon aromatik, ditambah dengan sebagian kecil elemen-elemen lainnya seperti nitrogen, oksigen dan sulfur, ditambah beberapa jenis logam seperti besi, nikel, tembaga, dan vanadium. Jumlah komposisi molekul sangatlah beragam dari minyak yang satu ke minyak yang lain tapi persentase proporsi dari elemen kimianya
Bahan bakar minyak (BBM) atau Minyak Bumi telah digunakan oleh manusia sejak zaman kuno, dan sampai saat ini masih merupakan komoditas yang penting. Minyak Bumi menjadi bahan bakar utama setelah ditemukannya mesin pembakaran dalam, semakin majunya penerbangan komersial dan meningkatnya penggunaan plastik. Lebih dari 4000 tahun yang lalu, menurut Herodotus dan Diodorus Siculus, aspal telah digunakan sebagai konstruksi dari tembok dan menara Babylon; ada banyak lubang-lubang minyak di dekat Ardericca (dekat Babylon). Jumlah minyak yang besar ditemukan di tepi Sungai Issus, salah satu anak sungai dari Sungai Eufrat. Tablet-tablet dari Kerajaan Persia Kuno menunjukkan bahwa kebutuhan obat-obatan dan penerangan untuk kalangan menengah-atas menggunakan minyak Bumi. Pada tahun 347, minyak diproduksi dari sumur yang digali dengan bambu di China.
Pada tahun 1850-an, Ignacy Ɓukasiewicz menemukan bagaimana proses untuk mendistilasi minyak tanah dari minyak Bumi, sehingga memberikan alternatif yang lebih murah daripada harus menggunakan minyak paus. Maka, dengan segera, pemakaian minyak Bumi untuk keperluan penerangan melonjak drastis di Amerika Utara.Sumur minyak komersial pertama di dunia yang digali terletak di Polandia pada tahun 1853. Pengeboran minyak kemudian berkembang sangat cepat di banyak belahan dunia lainnya, terutama saat Kerajaan Rusia berkuasa. Perusahaan Branobel yang berpusat di Azerbaijan menguasai produksi minyak dunia pada akhir abad ke-19.( http://seeps.wr.usgs.gov)
Hal-hal yang termasuk di dalam industri minyak mentah adalah proses eksplorasi, ekstraksi, pengilangan, dan transportasi (yang biasanya diangkut dengan kapal tanker dan jalur pipa). Volume terbesar dari industri ini adalah bahan bakar minyak dan bensin. Minyak Bumi juga merupakan bahan bakar utama dalam pembuatan produk kimia lainnya, termasuk obat-obatan, pelarut, pupuk, pestisida, dan plastik. Industri ini biasanya terbagi menjadi 3 komponen besar: upstream, midstream dan downstream.
Minyak Bumi merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi banyak industri, dan sangat penting untuk menjaga peradaban manusia di jaman industrialisasi ini, sehingga minyak Bumi ini menjadi perhatian serius bagi banyak pemerintahan di banyak negara. Saat ini minyak Bumi masih menjadi sumber energi terbesar di banyak kawasan di dunia, dengan persentase bervariasi mulai dari yang terendah 32% di Eropa dan Asia, sampai yang paling tertinggi di Timur Tengah, yaitu mencapai 53%. Di kawasan lainnya, persentase pemakaian minyak Bumi sebagai sumber energi untuk Amerika Selatan dan Tengah mencapai 44%, Afrika 41%, dan Amerika Utara 40%. Saat ini dunia mengkonsumsi 30 juta barrel (4.8 km³) minyak per tahunnya, dan pengkonsumsi minyak terbesar tetaplah negara-negara maju. Menurut data, Amerika Serikat saja mengkonsumsi 24% konsumsi minyak dunia pada tahun 2004,  meskipun di tahun 2007 persentasenya turun menjadi 21%. (wikipedia: 2012)
Di Indonesia, harga BBM sering mengalami kenaikan disebabkan alasan pemerintah yang ingin mengurangi subsidi. Tujuan dari pengurangan tersebut dikatakan adalah agar dana yang sebelumnya digunakan untuk subsidi dapat dialihkan untuk hal-hal lain seperti pendidikan dan pembangunan infrastruktur. Di sisi lain, kenaikan tersebut sering memicu terjadinya kenaikan pada harga barang-barang lainnya seperti barang konsumen, sembako dan bisa juga tarif  listrik sehingga selalu ditentang masyarakat.
Bahan bakar minyak (BBM) naik pasti akan melumpuhkan semua aktifitas kehidupan masyarakat disebabkan banyak harga kebutuhan masyarakat yang naik baik itu harga transportasi maupun kebutuhan pangan. Salah satu faktor yang sangat meresahkan masyarakat jika harga bahan bakar minyak (BBM) tanggal 1 april 2012 jadi disepakati untuk naik dari yang harganya rp.4.500,00 menjadi rp. 6.000,00.
Mahasiswa terus berorasi demi masyarakat. Namun masih banyak masyarakat yang menentang aksi masyarakat tersebut. Faktor yang menyebabkan masyarakat menentang aksi mahasiswa tersebut akibat aksi mahasiswa yang dianggap penyebab utama kemacetan yang sangat panjang dan lama di jalan-jalan protokol, Jalan Urip, Jalan Sultan Alauddin, Jalan Andi Pangeran Pettarani, Jalan Perintis, serta fly over.
Kemacetan yang sering terjadi di makassar sudah menjadi hal yang sangat akrab dengan masyarakat. Masyarakat paham akan cara  mengatasi kemacetan yaitu berangkat ke kantor untuk pegawai, ke sekolah untuk siswa dan ke kampus untuk mahasiswa sebelum jam 07:00 agar tidak tidak terjebak dalam kemacetan panjang dan lama yang menjenuhkan. Namun aksi demonstrasi yang di lakukan oleh mahasiswa menyebabkan kemacetan terjadi di jam 09:30 sampai malam hari.
Kemacetan akibat ulah para pembela masyarakat menyebabkan masyarakat tdak dapat melaksanakan aktifitasnya secara normal. Mahasiswa di sisi yang lain menjadi penghalang bagi aktifitas masyarakat tapi di sisi lain juga menjadi membela masyarakat demi kemakmuran seluruh masyarakat apalagi masyarakat golongan menengah ke bawah. Itulah mahasiswa di tengah-tengah konplik yang membuat masyarakat resah dan binggung mereka hadir sebagai solusi pertama.
Mahasiswa merelakan dirinya dilempar dan di caci maki oleh banyak orang yang tidak mengerti akan tujuan utama mereka. Mahasiswa tetap jalan dengan konsekuensi yang harus mereka terima meski banyak masyarakat yang tidak mendukung aksi mereka tetapi mereka tetap akan tujuan utama mereka yaitu membela masyarakat dengan segala upaya yang mampu mereka berikan. Mahasiswa dengan berani tetap berjalan di muka barisan semuanya  hanya demi masyarakat.
Membela masyarakat adalah jiwa mahasiswa yang peka akan apa yang terjadi di sekitarnya. Banyak kemungkinan yang akan terjadi dengan adanya mahasiswa yang berorasi. Karena perhatian pemerintah akan tertuju kepada pihak yang meengeluarkan orasi-orasi sepertii yang di lakukan oleh masyarakat. Itulah yang menyebabkan mahasiswa untuk terus mengadakan aksi demonstrasi untuk menarik perhatian pemerintah terhadap orasi yang di sampaikan oleh mahasiswa demi masyarakat.Namun masih banyak masyarakat yang tidak simpatik kepada mahasiswa akibat ulah mahasiswa menutup jalan-jalan utama yang ada di makassar. 

 sumber : 
www.wikipedia.org

Nadzra_1111040190


Tidak ada komentar:

Posting Komentar