Selasa, 27 Maret 2012

Risnawati.Yunus-1111040174(TUGAS 4)


BBM !!!
Bahan Bakar Minyak atau yang lebih dikenal dengan singkatan BBM, akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat di semua kalangan masyarakat, mulai dari  kalangan masyarakat menengah ke bawah sampai kalangan masyarakat menengah ke atas. Hal ini  karena pemerintah akan menaikkan harga BBM bersubsidi. Alasan pemerintah menaikkan harga BBM karena naiknya harga minyak mentah di dunia.
Naiknya harga minyak mentah di Dunia di sebabkan oleh faktor geopolitik. Pakar perminyakan Maizar Rahman mengatakan bahwa “ apabila faktor geopolitik berlangsung lama, tapi tidak mengganggau produksi minyak, selisih kenaikan harga tidak akan terlalu tinggi. Biasanya kenaikan sekitar US$ 15 hingga US$ 25,” pengaruh kenaikan harga minyak kepada APBN adalah peningkatan subsidi yang juga meningkatkan defisit anggaran. Itulah yang menyebabakan pemerintah menaikkan harga BBM dan pemerintah berharap dengan menikkan harga BBM maka anggaran tdk membengkak, karena harus menanggung subsidi. Rencananya kenaikan harga BBM ini akan dilakukan pada tanggal 1 April 2012.
Namun, sikap pemerintah yang tidak memperhatikan kondisi masyarakat menengah ke bawah yang ancaman kemiskinan di depan mata dan tingkat pengagguran yang sangat tinggi. Sehingga keputusan pemerintah yang akan menaikkan harga BBM mendapat protes dari masyarakat ,mahasiswa dan buruh. Salah satu bentuk protes kenaikan harga BBM para mahasiswa,masyarakat, dan buruh adalah dengan aksi unjuk rasa diberbagai daerah di Indonesia. Menurut Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane. “ Jika kita cermati, aksi demo yang berkelanjutan pada kerusuhan 98’ awalnya adalah akibat rezim orde baru menikan harga BBM” . Selain itu  Neta S Pane juga mengungkapkan bahwa “ dengan adanya kenaikan harga BBM, rakyat makin keulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, dampak kenaikan harga BBM itu adalah harga-harga semakin naik, khususnya harga sembako sebagai kebutuhan dasar masyarakat. Akibatnya keresahan masyarakat semakin meningkat. Ini yang membuat masyarakat kita semakin kesulitan akibat kenaikan tersebut. Sehingga, mereka bersama-sama melakukan penolakan tersebut,”ujarnya.
Kenaikan harga BBM yang akan berefek pada kenaikan berbagai harga kebutuhan pokok di pasaran, dan dampak kenaikan harga kebutuhan pokok akan dirasankan oleh masyarakat. Khususnya kaum perempuan, Menurut Ketua Umam Muslimat Nadlatul ulama, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, “kaum perempuan yang paling merasakan dampak kenaikan harga BBM. Karena merekalah yang setiap hari bersentuhan langsung dengan kebutuhan rumah tangga setiap hari.” Kenaikan harga sembako di pasaran, akan mengakibatkan daya beli masyarakat menurun, padahal kebutuhan sembako masyarakat harus di penuhi setiap hari.

Referensi :
·         www.sindonews.com
·         www.REPUBLIKA.co.id
·         www.TEMPO.co


RISNAWATI.YUNUS
1111040174

Tidak ada komentar:

Posting Komentar