Selasa, 08 Mei 2012

presentasi (kriteria pidato yang baik(sri marwah 1111040176)))

C. Kriteria Pidato yang baik
Setiap orang yang berpidato pasti berusaha dan berharap pidato yang baik. Pidato yang baik ditandai oleh kriteria (a) isinya sesuai dengan kegiatan yang sedang berlangsung. (b) isinya menggugah dan bermanfaat bagi pendengar, (c) isinya tidak menimbulkan pertentangan sara, (d) isinya jelas, (e) isinya benar dan objektif, (f) bahasa yang digunakan mudah dipahami pendengarnya, dan (g) Disampaikan secara santun, rendah hati, dan bersahabat.
Pidato dapat terlaksana dengan baik apabila pembicara bukan sekedar menguasai unsur kebahasaan secara baik melainkan juga menguasai unsur  nonkebahasaan, seperti keberanian, ketenangan, kesanggupan mengadakan reaksi yang cepat dan tepat, kesanggupan menyampaikan ide atau gagasan secara lancar dan teratur, dan kesanggupan memperlihatkan sikap dan gerak-gerik yang yang tidak canggung.
Untuk memiliki kemampuan berpidato yang baik diperlukan persiapan yang sebaik-baiknya dan latihan secra teratur. Bagi orang yang sudah biasa berpidato di hadapan massa, mempersiapkan pidato dan melakukan latihan mungkin tidak diperlukan lagi, namun bagi seseorang yang baru atau belum pernah berbicara didepan umum, hal itu sangat diperlukan. Seseorang berpidato seperti memberikan informasi atau menyampaikan sesuatu pengetahuan kepada orang banyak. Penyampaian informasi atau pengetahuan tersebut selayaknyalah dipersiapkan lebih dahulu dengan sebaik-baiknya agar uraiannya dapat lebih teratur, bahasanya lebih jelas, dan dapat dipikirkan kemungkinan-kemungkinan yang akan timbul dalam pelaksanaan pidato, serta bagaimana usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.
Menurut Goys Keraf, ada tujuh langkah yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan pidato yang baik.
1.     Menentukan topik dan tujuan;
2.     Menganalisis pendengar dan situasi;
3.     Memiliih dan menyempitkan topik;
4.     Mengumpulkan bahan;
5.     Membuat kerangka uraian;
6.     Menguraikan secara mendetail; dan
7.     Melatih dengan suara nyaring.

Ketujuh langkah tersebut diperingkas menjadi tiga langkah, yaitu meneliti masalah (1,2,3), menyusun uraian (4,5,6), dan meng

2 komentar:

  1. Portal Energi Mampu berpidato dengan penuh wibawa, berkharisma dan MC dengan baik tanpa ada rasa malu,gugup karena Portal Energi meningkatkan rasa kepercayaan diri yang begitu besar

    Telepon : ( 021 ) 9763 8753 / 0812 8202 7639


    http://pelatihanintienergi.com/portal-energi.php

    BalasHapus