Selasa, 01 Mei 2012

RIZKI AMALIA_1111040191 TUGAS PIDATO


Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdullilah hirabbil alamin wassalatu wassalamu alla asrafil anbiya awal mursalin waala alihi wasabbihi azmain amma baad.
Pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt karena atas berkat dan limpahan rahmatnya sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang sederhana ini guna melaksanakan pembelajaran seperti biasanya. Tak lupa pula kita curahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW.
Yang terhormat, Ibu selaku dosen mata kuliah Bahasa Indonesia dan teman-teman yang saya cintai,
Pada kesempatan kali ini, saya akan berpidato dengan tema “Kenakalan di Kalangan Remaja”.
Ibu dosen yang saya hormatoi, serta teman-teman yang saya cintai.
Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi ambang batas yang sangat wajar. Sekarang banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal rokok, narkoba, freesex dan terlibat banyak tindajan kriminal lainnya. Kita dapat lihat fakta ini melalui media elektronik, media baca, atau kita juga bisa melihatnya secara langsung di lingkungan sekitar kita. Hal ini terjadi dikalangan remaja karena adanya faktor-faktor yang melatarbelakangi seperti
1.      Kurangnya pengawasan dan kasih sayang dari orang tua. Pengawasan dan kasih sayang sangat mendukung tidak terjadinya kenakalan pada remaja. Seorang biasanya terjerumus dengan kenakalan remaja karena orang tua yang tidak member kepercayaan yang sangat besar kepada anaknya. Tetapi kepercayaan tersebut disalahgunakan. Oleh karena itu, kita sebagai remaja harus menjaga kepercayaan dan nama baik orang tua dan keluarga agar mereka tidak kecewa. Buatlah orang tua bangga karena telah mempunyai anak seperti kita.
2.      Pergaulan dengan teman yang tidak sebaya. Biasanya remaja selalu ingin bergaul dengan teman yang lebih tua darinya, sehingga apa yang dilakukan oleh temannya tersebut, akan menirunya dengan alasan coba-coba. Remaja seperti kita ini mempunyai penasaran tingkat tinggi. Semuanya ingin tahu, mencoba dan merasakan tanpa memikirkan masalah yang ditanggung kedepanya.
3.      Peran dari perkembangan IPTEK yang berdampak negative. Di era teknologi ini, semua remaja berlomba-lomba untuk mengetahui dan mempelajari tentang teknologi agar tidak disebut gaptek. Tapi dengan teknologi ini, ada remaja yang menggunakan untuk pengetahuan dan pembelajaran tapi ada remaja yang menyalahgunakan membuka situs-situs porno sehingga mengganggu mental remaja. Keadaan seperti ini yang membuat remaja melakukan freesex (seks bebas).
4.      Dasar-dasar agama yang kurang. Seorang remaja kebanyakan tidak mempunyai dasar-dasar agama. Oleh karena itu mereka selalu melakukan semaunya tidak memikirkan apakah perbuatannya ini sesuai dengan ajaran agama atau tidak.
5.      Masalah yang dipendam. Biasanya remaja mempunyai masalah-masalah seperti masalah keluarga, masalah dengan temannya atau masalah dengan teman lawan jenis. Masalah yang dihadapinya selalu dianggap berat dan tidak ada penyelesaiannya. Remaja seperti ini yang biasanya hanya berpikiran pendek, pusing dan stress dengan masalah tersebut, akhirnya mereka mengkonsumsi narkoba hanya menambah beban/masalah. Mengkonsumsi narkoba hanya ada 3 masa depannya yaitu gila, penjara dan kematian.
Ibu dosen yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai.
Ada beberapa cara yang mungkin bisa mencegah kenakalan yang terrjadi di remaja, khususnya buat diri kita sendiri agar tidak ikut terjerumus, diantaranya :
1.      Mentaati nasehat-nasehat yang telah diterima khususnya dari orang tua/orang lain baik itu daru guru, orang yang lebih berpengalaman atau teman kita.
2.      Menyusun rencana masa depan yang baik atau memikirkan cita-cita dari sekarang.
3.      Jangan terpancing untuk mencoba hal-hal yang menurut agama dihukum dan dianggap salah.
4.      Perlunya ada pendidikan agama sejak dini yang rutin agar berguna untuk mempertebal keimanan diri kita sendiri.
Sebenarnya hidup ini indah, tidak ada hal-hal yang terindah dalam hidup ini selain kita mengisi dan menjalani hidup in dengan hal-hal yang baik.
Ibu dosen yang saya hormati serta teman-teman yang saya cintai.
Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman sekalian.
Terima kasih atas perhatiannya. Jika ada salah-salah kata mohon dimaafkan karena kesempurnaan hanyalah milik Allah semata dan kekurangan milik kita pribadi. Sekian.
Wassalamu Alaikum Wr. Wb

NAMA : RIZKI AMALIA
NIM     : 1111040191

Tidak ada komentar:

Posting Komentar