Selasa, 29 Mei 2012

PIDATO
WANITA CANTIK MENAWAN SESUAI SUNNAH RASUL
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
     Rasa syukur atas curahan kenikmatan  yang diberikan Allah Swt kepada kita sehingga di tempat yang bersahaja  ini kita dapat bertatap muka dan berbagi ilmu maupun pengetahuan. Salawat serta salam juga dihaturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menerangi jalan kita untuk mencari ridha Allah Swt.
    Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato yang berjudul wanita cantik menawan sesuai sunnah rasul. Sungguh tidak diragukan lagi bahwa setiap wanita selalu merindukan agar dapat tampil cantik, memiliki performa menawan, berpenampilan segar dan terbebas dari aib fisik atau masalah kesehatan lainnya. Sehingga perlu adanya bimbingan dan arahan seputar kecantikan wanita. Bimbingan yang diberikan sepatutnya memiliki dampak positif kepada wanita. Sebenarnya sudah sejak lama Rasul mengajarkan bimbingan tentang kecantikan wanita. Beliau menjelaskan secara terperinci dan detail dengan kata-kata yang lugas dan singkat namun sarat makna. Ada empat inti nasihat Rasul dan para sahabatnya agar wanita tampil cantik dan menawan yaitu kebugaran,  kesegaran kulit dan menunda penuaan, menjaga kesegaran rambut serta memperindah mata dan memperpanjang bulu mata.
    Pertama yaitu kebugaran. Bugar berarti sehat dan segar. Sedangkan kebugaran merujuk pada kesehatan dan kesegaran jasmani. Jika seorang wanita ingin bugar maka hendaklah membiasakan diri untuk mengonsumsi sayuran mentah serta buah-buahan yang kaya nutrisi. Makan dan minum seorang muslimah tidak sebatas aktifitas yang memuaskan nafsu, menghilangkan lapar dan dahaga semata. Sehingga seorang muslim apabila tidak lapar maka dia tidak makan dan apabila tidak haus maka dia tidak minum. Hal ini sesuai dengan hadist sahabat Rasul yang berarti,”Kita (kaum Muslimin) adalah kaum yang hanya makan bila lapar dan berhenti makan sebelum kenyang”.
Seorang muslim yang bugar hendaknya memiliki berat badan ideal. Metode pengukuran berat badan ideal yang paling banyak digunakan yaitu BMI (Body Mass Index). Cara menghitungnya cukup mudah yaitu membagi berat badan (kg) dengan kuadrat dari tinggi badan (meter). Jika setelah dihitung BMI Anda lebih dari 25, artinya harus mulai berdiet agar bisa tampil lebih sehat dan prima. Diet sehat yaitu dimulai dari menghentikan kebiasaan mengonsumsi semua jenis makanan, disiplin pada jam makan, perbanyak konsumsi air putih, sempatkan berolahraga seperti jogging 30 menit minimal 4 kali seminggu.
     Nasihat kedua adalah kesegaran kulit dan menunda penuaan. Kulit adalah cerminan jiwa setiap insan. Hampir 90% iklan kecantikan berujung pada kecantikan kulit. Ada orang usia muda tampak tua dan sebaliknya orang sudah tua masih memancarkan aura.  Berdasarkan kenyataan saat ini, banyak wanita yang ingin wajahnya tampil memesona melakukan operasi plastik misalnya wanita korea. Hal tersebut adalah contoh yang perlu  kita hindari. Cara yang tepat yaitu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin. Rasul memberikan arahan untuk mengonsumsi tujuh biji buah kurma ajwah yang manfaatnya itu dapat menghilangkan racun. Manfaat mengonsumsi buah kurma ajwah ini sama dengan manfaat imunisasi.
    Nasihat ketiga adalah menjaga kesegaran rambut. Rambut adalah mahkota bagi seorang wanita. Perawatan rambut sangat diperlukan oleh seorang wanita. Tidak perlu mengandalkan tempat hair spa untuk merawat rambut kita. Perawatan sederhana yang dilakukan di rumah seperti membersihkan rambut dengan shampoo dan memberikan vitamin rambut sudah cukup. Bahkan rasulullah hanya menyarankan untuk mengonsumsi minyak zaitun untuk kesegaran rambut.
Nasihat keempat yaitu memperindah mata dan memperpanjang bulu mata. Rasul bersabda yang artinya,”Bercelaklah kalian dengan itsmid, karena dia bisa mencerahkan mata dan menumbuhkan rambut”. Kecantikan seorang wanita juga diamati dari sorotan mata. Sehingga mata wanita perlu dijaga keindahannya dengan cara bercelak. Bercelak juga dapat memperpanjang bulu mata. Kecantikan wanita dilihat pula dari segi bulu mata. Janganlah heran apabila wanita yang berdandan biasanya menggunakan bulu mata palsu agar bagian matanya terlihat lebih indah.
    Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Wanita yang cantik bukan hanya mampu menjaga kecantikan jasmani, tetapi mampu pula menjaga kecantikan rohani yakni mensucikan hati dari segala nafsu buruk yang akan menjerumuskan ke dalam prilaku yang tidak beriman.
Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
   


Nama    : Nursyam Anaguna
NIM    : 1111040194
Matematika ICP B 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar