Sabtu, 28 April 2012

MUSDALIFAH AK-1111040199( TGS. PIDATO)

Assalamu’ alaikum Wr.Wb

Yang saya hormati ibu dosen Mata Kuliah Bahasa Indonesia
dan teman-teman sekalian yang saya sayangi

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini. Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato yang berjudul “Meraih Cita-Cita lewat Bakat dan Minat”.

Yang terhormat ibu dosen dan teman-teman sekalian

Bakat dan minat merupakan dua hal yang  tak terpisahkan untuk mencapai kemampuan atau keterampilan dalam bidang tertentu. Untuk mengenali bakat seseorang kadang dapat dilihat dari minatnya. Sebenarnya, bakat (aptitude) tidak lain merupakan kemampuan bawaan yang bersifat potensial sehingga masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan, atau keterampilan khusus. Agar dapat terwujud dan teraktualisasi dengan baik, bakat harus ditunjang dengan minat, selain latihan, pengetahuan dan pengalaman. 

Sejumlah ahli mengartikan minat sebagai kegiatan yang membangkitkan rasa ingin tahu, perhatian dan memberi kesenangan atau kenikmatan. Minat dapat menjadi indikator kekuatan seseorang dibidang tertentu dimana ia akan termotivasi untuk mempelajari dan menunjukkan kinerjanya yang tinggi. Bakat akan sulit dikembangkan dengan baik jika tidak diawali dengan munculnya minat pada hal yang berkaitan dengan bidang yang akan ditekuni. Jadi, bisa dikatakan bahwa keberhasilan karier seseorang merupakan hasil interaksi antara bakat dan faktor lingkungan serta didukung oleh faktor kepribadian dan sikap kerja yang bersangkutan.

Yang terhormat ibu dosen dan teman-teman sekalian
 
Seseorang yang bertitel insinyur, tetapi berprofesi sebagai musisi. Bergelar dokter, tapi berprofesi sebagai penyanyi. Apakah ada yang salah? Tidak juga, karena gelar atau titel pada bidang tertentu terkadang diperoleh karena tuntutan lingkungan. Padahal jika latar belakang pendidikannya sesuai, mungkin hasil yang diperoleh akan lebih dahsyat. Seperti Harland D. Sanders pendiri restoran cepat saji Kentucky Fried Chiken (KFC). Sanders mendirikan KFC saat ia berusia 74 tahun dan baru menemukan bakatnya sebagai pengusaha setelah pensiun. Sebenarnya tidak harus menunggu sampai selama itu untuk mengetahui bakat seseorang. Apalagi untuk bidang-bidang tertentu, kita akan kehilangan dan kehabisan waktu guna mengasah bakat hingga menghasilkan prestasi yang optimal.

Belajar pada bidang-bidang yang diminati, terlebih bila didukung dengan bakat yang sesuai, sudah tentu akan memberi gairah dan kenikmatan dalam melakukannya. Jalan menuju puncak prestasi akan menjadi lebih terbuka. Namun sayangnya banyak anak yang memilih jurusan atau bidang studi hanya karena terbawa arus. Kemana teman-temannya pergi, ke sana pula ia ikut. Atau anak memilih bidang yang sedang populer, naik daun, atau sedang laku tanpa menggali dan mencerna lebih dulu dunia ilmu atau bidang yang akan dipelajari maupun dunia kerja yang akan dijalaninya kelak.

          Selain sekolah dan lingkungan, peran orang tua dalam menelusuri dan mengembangkan bakat serta minat anak sangat diperlukan. Tujuannya , agar seseorang dapat belajar dan bekerja dibidang yang diminatinya di kemudian hari dengan bakat dan kemampuan yang dimillikinya.
 Jadi, keberhasilan karier dalam bidang apapun dapat diraih asal dapat memenuhi persyaratan yang ada. Bakat, minat, dan lingkungan yang kondusif menjadi syarat penting untuk memetik kesuksesan di masa depan.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Marilah kita terus berusaha meraih cita-cita kita karena cita-cita itu tidak dapat ditempuh dengan hanya berdiam diri, tapi menuntut ketekunan, kerja keras, antusiasme yang tinggi, disertai sikap tidak cepat puas.

Terima kasih atas perhatiannya

Wassalamu’alaikum wr.wb
         

1 komentar:

  1. Buy Online in Asia with Best Price - Titanium-arts.com
    Asia at best titanium tv apk price: titanium white dominus price We titanium dental also provide many great products for Indian bettors titanium cost to utilize. We are happy to assist any Indian bettors titanium cup looking to

    BalasHapus